LAUNCHING INOVASI TABUR PBB-P2 DI DESA LAWALUTOLUS

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Jumat (15/11), Dalam rangka mengoptimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak, berbagai terobosan yang inovatif terus dilakukan, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Belu dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan di dukung oleh Bank NTT Cabang Atambua melakukan Launching Inovasi TABUR PBB-P2 (Tabungan Rakyat Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan) yang dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Belu – Drs. Alfredo P. Amaral, bertempat di Aula Kantor Desa Lawalutolus, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk

Drs. Alfredo P. Amaral selaku Asisten Administrasi Umum Sekda Belu dalam sambutannya menyampaikan ada 9 Desa yang dijadikan sebagai Project Leader pada Kecamatan Tasbar ini, sangat diharapkan agar inovasi yang diterapkan pada 9 Desa ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

“ Soal PBB ini perlu secara terus-menerus disosialisakan kepada masyarakat, karena masyarakat sampai pada tingkatan tertentu menganggap bahwa PBB ini merupakan suatu beban, jadikan PBB sebagai suatu kebanggaan menjadi warga negara, menjadi warga desa, dan menjadi masyarakat di Kabupaten Belu ini. Banggalah jika kita membayar pajak, jangan lari dari membayar pajak, karena apa yang kita bayar walaupun jumlahnya sedikit namun berguna untuk pembangunan daerah kita dan negara kita,’’ himbaunya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Sementara itu Kabid Sistem Prosedur Penagihan dan Keberatan pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu – Rosalia Yani Er Lalo, SH menguraikan bahwa Bapenda Kabupaten Belu diberikan kewenangan oleh Peraturan Perundang-undangan untuk mengelolah 10 jenis pajak Daerah di Kabupaten Belu, salah satunya adalah jenis pajak PBB-P2. Di dalam evaluasi Bapenda Kabupaten Belu pengelolaan jenis pajak PBB-P2 itu permasalahannya sangat kompleks oleh karena itu dari waktu kewaktu Bapenda slalu berusaha dengan gagasan dan ide yang kreativ. Bapenda Kabupaten Belu menerbitkan berbagai inovasi untuk menjawab permasalahan-permasalahan ini, slah satunya adalah Tabur PBB-P2.Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang tersenyum, orang duduk

“ Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mengoptimalkan penagihan pajak, sehingga dengan menerima penagihan pajak itu dapat mempercepat realisasi pembayaran pajak PBB B2 oleh masyarakat wajib pajak, untuk meningkatkan pendapatan pasti PAD Sektor Pajak Daerah,” ungkapnya.Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk dan sepatu

Hadir dalam kegiatan ini Anggota DPRD Kabupaten Belu, Perwakilan Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, para Pimpinan OPD Kabupaten Belu, Camat Tasifeto Barat, Camat Atambua Selatan, Kapolsek Tasifeto Barat, Danramil Tasifeto Barat, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, para Kepala Desa se-Kecamatan Tasifeto Barat, para lurah se-Kecamatan Tasbar, serta Masyarakat Desa Lawalutolus.

Berita/Foto: Novita Bogar & Wilson Bau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.