UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-74 TKT KAB. BELU TAHUN 2019

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (11/11), Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan ke – 74 tingkat Kabupaten Belu Tahun 2019 digelar dihalaman Kantor Bupati Belu, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kab. Belu – NTT, wilayah perbatasan RI – RDTL, bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan.

Dalam amanat Menteri Sosial – Juliari P. Batubara yang dibacakan oleh Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengungkapkan bahwa setiap memperingati Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

‘’ Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa Kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri,’’ kata Menteri Sosial RI dalam amanatnya yang dibacakan Wabup Ose Luan.

Lebih lanjut, Menteri Sosial mengharapkan dengan peringatan Hari Pahlawan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father kita Bung Karno yang menyatakan bahwa ’’hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar ‘’. Selain itu, peringatan Hari Pahlawan juga membangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana dalam tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ’’Aku Pahlawan Masa Kini’’. Menurutnya menjadi Pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi –aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita Hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

‘’ Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini mampu teratasi. Untuk itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai Kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari insan masyarakat Indonesia,’’ ujar Menteri Sosial RI.

Karena itu, ia berpesan agar momentum Hari Pahlawan ini perlu dimaknai dengan mewujudnyatakan, dan terus membangun negeri menuju Indonesia maju. Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa Nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk saling tolong – menolong sesama yang membutuhkan.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Kab. Belu diikuti oleh seluruh ASN Lingkup Pemkab Belu, TNI –Polri, Tenaga Kontrak Kab. Belu, Siswa- Siswi SMA dan Kelompok Drumband dari SMP Katolik Donbosco – Atambua. Turut hadir Forkompinda Plus, para pimpinan OPD se-Kab. Belu, Kepala BNN Kabupaten Belu dan para Perwira TNI– POLRI.
Berita/Foto: Norci Man, Jhon Dasilva & Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.