KOMPENSASI LAHAN TELAH DIANGGARKAN PADA APBD KAB BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU — Rabu (30/10), Sekretaris Daerah Kabupaten Belu – Drs. Petrus Bere hadir dalam pertemuan bersama Wakil Ketua DPRD Kab Belu Cyprianus Temu, S.IP dengan masyarakat pemilik lahan guna membahas tindak lanjut penyelesaian kompensasi lahan pembangunan Patung Bunda Maria dibukit Gurita, bertempat di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. Pertemuan yang digagas oleh DPRD Kabupaten Belu ini dilakukan menyusul pengaduan dari beberapa oknum suku Kaliduk sebagai pemilik lahan terkait masih belum diterimanya kompensasi penggantian lahan, beberapa waktu yang lalu.

Gambar mungkin berisi: 11 orang

Pada pertemuan ini terungkap bahwa dana untuk penggantian lahan dimaksud telah dianggarkan pada DPPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu dalam bentuk pembangunan rumah adat untuk mengakomodir permintaan masyarakat dalam kesepakatan sebelumnya dengan Pemerintah Kabupaten Belu.
Sekda mengharapkan komunikasi yang baik antara OPD terkait yang mengetahui teknis pelaksanaanya dengan pemilik lahan dalam hal ini ketua suku, agar segera merealisasikan kompensasi dimaksud.

Gambar mungkin berisi: 14 orang, orang tersenyum

“Kita mau agar dalam dua bulan ini sudah ada pencairan dana tersebut untuk membangun rumah, bukan untuk bangun yang lain-lain, jangan sampai salah bangun itu yang saya ingatkan, karena uang ini diberikan untuk bangun rumah suku,” tegas Sekda

Wakil Ketua DPRD Kab Belu Cyprianus Temu, S.IP mengharapkan ketegasan Pemerintah untuk segera memenuhi kompensasi yang dijanjikan.

Gambar mungkin berisi: 4 orang

“Ada dua perbedaan terkait penyerahan tanah kepada pemerintah namun tidak terselesaikan, kami minta penegasan dalam wujud keputusan, yaitu adanya kompensasi yang disepakati bersama dengan besaran sejumlah empat ratusan juta rupiah dalam bentuk kompensasi pembangunan rumah suku, diikuti dengan rekruitmen putra-putri yang di anggap mampu untuk menjadi tenaga kontrak daerah,” ungkap politisi dari Partai Nasdem ini.

Gambar mungkin berisi: 6 orang

Turut hadir pada kesempatan ini Ketua Komisi 1 DPRD Kab Belu, Benediktus Manek, SE, Ketua Komisi 2 DRPD Kab Belu, Theodorus Seran Tefa, Kasie Sengketa Pertanahan pada Badan Pertanahan Kab Belu, Nikodemus Magang, Camat Kakuluk Mesak, Tarsisius Naisali, S.IP, Kades Dualaus, OPD terkait dan unsur masyarakat suku Kaliduk.

Foto/Berita: Ichy Klau, Cransen & Andi Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.