PEMUTAKHIRAN ZONA NILAI TANAH (ZNT) PBB-P2 DI KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELUS – (1/11/2019). Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan membuka secara resmi Seminar Pemutakhiran Zona Nilai Tanah yang berlangsung diaula rapat Bapenda Kab. Belu.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara Bapenda Kab. Belu dan PT. Inasa Sakha Kirana dalam rangka penataan data Zona Nilai Tanah (ZNT) di Kabupaten Belu. Sehingga perhitungan nilai Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan yang salah satunya mengacu pada Zona Nilai Tanah akan relatif semakin mendekati kondisi yang sebenarnya.

Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengatakan pertemuan yang berlangsung diaula rapat Bapenda ini membahas tentang Zona Nilai Tanah yang ada di Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 16 orang, orang duduk

” Perseroan Terbatas ( PT ) Inasa Sakha Kirana bekerjasama dengan Bapenda Kabupaten Belu untuk mendata zona nilai tanah yang ada di Kabupaten Belu baik di kota maupun di Desa, untuk selanjutnya mendapatkan nilai jual tanah yang terupdate sesuai dengan kondisi terkini. Sehingga berdasarkan zona nilai tanah, Bapeda Kabupaten Belu dapat menentukan nilai Pajak Bumi dan Bangunan sesuai dengan zona nilai tanah yang ada,” Ungkapnya.

Lanjut Wakil Bupati, semoga melalui seminar ini diharapkan bagi masyarakat terutama bagi para peserta untuk dapat menyampaikan apa yang sudah didapat dari para narasumber kepada masyarakat di kelurahan atau di desanya masing-masing untuk diketahui bersama.

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang duduk

Sementara itu perwakilan Tim Teknis PT. Inasa Sakha Kirana – Yudi Komora, ST menyampaikan bahwa nilai Pajak Bumi dan Bangunan perdesaan dan perkotaan mengacu pada zona nilai tanah yang relatif semakin mendekati kondisi yang sebenarnya.

” Maksud dan tujuan seminar bagi parah Lurah dan Kepala Desa ini mengacu pada penetapan zona tanah yang ada di Kabupaten Belu sesuai dengan aksesibilitasnya apakah ada jalan atau tidak untuk dilalui,” katanya.Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang duduk

Dan berdasarkan hal itu maka harga nilai tanah akan meningkat yang sasaran utamanya pada terbentuknya peta zona nilai tanah beserta nilai indikasi rata-rata untuk kelurahan dan desa di wilayah Kabupaten Belu dengan klasifikasi harga bumi dan sistem PBB – P2 ter-update dapat meningkatkan dan akan menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki tanah.

Pada kegiatan seminar ini dihadiri oleh Para Lurah dan Kepala Desa se- Kabupaten Belu, para narasumber dan undangan lainnya.

Berita/Foto: Hengki Mao & Jhon Dasilva

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.