BEA DAN CUKAI ATAMBUA LAKUKAN PEMUSNAHAN BMN HASIL PENINDAKAN

Facebookyoutubeinstagram

 

DINAS KOMINFO KAB. BELU Kamis (03/10), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean B Atambua melakukan pemusnahan barang milik negara (BMN) yang berasal dari hasil penindakan pada rentang waktu tahun 2017 hingga 2018, berlangsung di halaman Kantor Bea dan Cukai Atambua.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62/PMK.04/2011 tentang penyelesaian terhadap barang yang dinyatakan tidak dikuasai, barang yang dikuasasi negara dan barang yang menjadi milik negara, maka kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean B Atambua melakukan pemusnahan dalam hal barang yang menjadi milik negara tidak dapat digunakan, tidak dapat dimanfaatkan dan tidak dapat dihibahkan atau alasan lain sesuai ketentuan perundang-undangan.

Barang milik negara yang dimusnahkan pada hari ini yakni 18 karung pakaian bekas dan benang, 1 unit televisi, 78 package berupa bumbu masak, kopi kemasan, minyak goreng, teh kemasan, beras, susu, bayi dan minuman ringan, 1 karung pakan ternak, 6 karton pestisida, 8 package barang padat berupa: sparepart sepeda motor, ban bekas, tas bekas, dan 2 buah sex toys, 44 buah dot bayi, 94 karton minuman mengandung etil alkohol, 350 liter minyak tanah serta 8 bungkus rokok. Dan barang yang dimusnahkan tersebut telah di tetapkan dengan berdasarkan persetujuan Menteri Keuangan melalui Surat Nomor S -12/MK.6/WKN.14/KNL.05/2019 dan Surat Nomor S -13/MK.6/WKN.14/KNL.05/2019 tanggal 25 Maret 2018 serta Surat Nomor S -46/MK.6/WKN.14/KNL.05/2019 tanggal 18 juni 2019 tentang Persetujuan Pemusnahan Barang yang Milik Negara pada KPPBC TMP B Atambua.

Kepala Bea dan Cukai Cabang Atambua – Tribuana Wetangterah mengatakan ada banyak barang yang di musnahkan yaitu barang hasil penegahan ekspor dan impor kemudian dari barang-barang yang tidak punya ijin dan barang-barang lainnya terutama barang-barang tersebut itu tidak diberitahukan. Tidak memenuhi ketentuan larangan landasan dan ada juga lewat jalur ilegal.

Dirinya juga menambahkan pihak dari Bea Cukai akan aktif dalam mengawasi barang-barang ilegal yang masuk ke Kabupaten Belu. Terutama yang akan mengawaasi di pos lintas batas negara mota’ain, area wilayah laut dan juga wilayah darat lainnya.

” Untuk Wilayah darat kita berperan aktif bersama rekan-rekan aparat lainnya seperti TNI dan POLISI khususnya di PLBN. Kita akan melakukan patroli terus baik itu di wilayah laut maupun di wilayah darat juga akan di lakukan patoli darat “, ujar Kepala Bea dan Cukai Atambua .

Pemusnahan BMN ini di mulai dengan pemecahan minuman alkohol dan pembakaran barang bekas berupa 18 pakaian bekas dan benang oleh seluruh stakholder yang hadir.
#kominfo #kominfobelu #atambua #atambuabelu #atambuakotaperbatasan
.
.
Berita/Foto: Mercy A. & Cransen F.

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.