Bupati Belu : Aplikasi CMS Bank NTT Manfaatkan Teknologi Permudah Transaksi

Facebookyoutubeinstagram

Belu, Info Publik – Sabtu (17/9), Pemerintah Kabupaten Belu malalui Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bersama Bank NTT Cabang Atambua menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Aplikasi Cash Management System (CMS) Bank NTT bagi 69 desa se – Kabupaten Belu, di Aula Kantor Credit Union Kasih Sejahtera (CUKS) Atambua.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pimpinan dan staf Bank NTT Cabang Atambua bersama Tim Teknis, Tim Teknis dari BPKAD Kabupaten Belu, Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Belu, para Camat, Kepala Desa, Bendahara dan Sekretaris Desa dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengetahuan sekaligus keterampilan bagi perangkat desa dalam menggunakan aplikasi CMS Bank NTT.

 

Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua – Adrianus M. Pontus pada kesempatan itu menjelaskan, CMS Bank NTT merupakan jasa atau pelayanan yang diberikan kepada nasabah yang memiliki simpanan pada Bank, dimana setiap transaksi dilakukan berdasarkan perintah nasabah melalui jaringan privat dengan menggunakan perangkat lunak pada komputer.

 

“Aplikasi CMS Bank NTT merupakan  salah satu bagian dari elektronisasi Transaksi Pemerintah Daerah dalam implementasi digitalisasi Pengelolaan Keuangan Daerah,”ungkapnya.

 

Menurutya, didalam Aplikasi CMS tersebut, terdapat fitur – fitur seperti Informasi Saldo, Single Transfer, Kolektif Transfer, Liquidity Management hingga pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN) dengan sekuritisasi pendaftaran pengguna aplikasi dilakukan di Kantor Pusat, terhubung dengan jaringan Bank NTT menggunakan  VPN dan menggunakan user dan Password untuk mengakses sistem.

 

“Bank NTT Cabang Atambua terus berupaya mengembangkan aplikasi CMS, sehingga dapat digunakan serta dimanfaatkan oleh seluruh Kepala Desa bersama perangkatnya, karena melalui CMS ini, banyak kemudahan yang bisa diperoleh, karena untuk melakukan transaksi tidak perlu datang ke Bank lagi. Mudah-mudahan, Bimtek hari ini, Kabupaten Belu bisa lebih unggul dan dari Kabupaten lain dan menjadi Kabupaten pertama dalam penggunaan aplikasi tersebut,” pungkasnya.

 

Bupati Belu – dr.Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM saat membuka kegiatan Bimtek berharap, dengan penerapan aplikasi CMS ini, dapat meningkatkan kinerja para Kepala Desa bersama perangkatnya serta meningkatkan keamanan dan memberikan kemudahan dalam melaksanakan transaksi keuangan.

 

“Saya harap agar aparat desa terus beradaptasi dengan perkembangan jaman yang diiringi dengan kemajuan teknologi, sehingga mampu memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dalam mempermudah pekerjaannya,”ungkapnya.

 

Mengakhiri sambutan, Bupati Belu tegaskan, agar para peserta dapat mengikuti Bimtek dengan baik, sehingga dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut.

 

‘’Saya berharap dengan mengikuti bimtek ini ada hal-hal yang didapatkan dalam mempermudah pekerjaan. Oleh karena itu, manfaatkan aplikasi ini se maksimal mungkin dengan benar untuk mempermudah pekerjaan,” pesan Bupati Belu. .

 

Adapun narasumber dalam Bimtek Aplikasi CMS, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua – Adrianus M. Pontus dengan Materi, Peran Bank NTT dalam mendukung Transaksi Non Tunai melalui CMS, dipandu oleh Kepala BPKAD Kabupaten Belu – Imelda H. Lotuk, S.Sos, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya serta Praktek Penggunaan CMS Bank NTT.

 

Tim Layanan Info Publik

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Super Bowl Live Stream

Watch Super Bowl 2022 Live