WUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK, BUPATI BELU BERSAMA JAJARAN IKUT SOSIALISASI IMPLEMENTASI SPIP

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (23/12), Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM bersama jajaran mengikuti sosialisasi implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah untuk peningkatan tata kelola pemerintahan oleh Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Provinsi NTT – Sofyan Antonius, bertempat di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu.
Mungkin gambar 2 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan
Sosialisasi sistem pengendalian intern pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih ini, dihadiri Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM, Sekda Belu – Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, para Asisten Sekda dan seluruh pimpinan OPD.
Dalam sambutan, Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus,Sp.PD-KGEH,FINASIM mengatakan bahwa misi dan visi Pemkab Belu adalah mewujudkan masyarakat yang sehat, berkarakter dan kompetitif. Oleh karena itu, untuk mewujudkan Visi tersebut, Pemerintah melakukan berbagai program dan salah satunya adalah tata kelola pemerintah yang baik yang sudah dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP).
Mungkin gambar 1 orang, duduk dan dalam ruangan
Lebih lanjut, Bupati Belu menjelaskan SPIP ini mewajibkan kepada Bupati dan Walikota untuk melakukan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan untuk mencapai tujuan organisasi.
” Tentunya, dalam rangka implementasi SPIP yang termuat dalam PP No. 60 tahun 2008, saya meminta semua Pimpinan OPD dan jajarannya untuk mengcopy dan menghafal beberapa poin yang berhubungan dengan pengendalian di Organisasi masing – masing dan ditekankan bukan hanya menghafal, namun perlu memahami dan melaksanakannya,” pungkasnya.
Mungkin gambar 9 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan
Terkait penyelenggaraan tata kelola Pemerintahan yang baik, Bupati Belu mengakui bahwa Pemerintah sangat membutuhkan sinergitas dari seluruh Pimpinan Instansi baik Horisontal maupun Vertikal dan dukungan dari semua stakeholder.
” Jadi, kebersamaan kita sebagai satu kesatuan Organiasi sangat diperlukan. Oleh karena itu, kita memerlukan koordinasi yang intensif antara pemangku kepentingan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan tentunya tidak terlepas dari berbagai macam resiko, kendala yang menghambat,” tandas Bupati Belu.
Mungkin gambar 1 orang dan telepon
Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT – Sofyan Antonius menjelaskan bahwa tugas dan fungsi BPKP adalah melaksanakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas keuangan negara dan/atau daerah atas kegiatan yang bersifat lintas sektoral. Selain itu juga melaksanakan kegiatan pengawasan kebendaharaan umum negara, melaksanakan kegiatan lain berdasarkan penugasan dari Presiden dan atau permintaan Kepala Daerah, melaksanakan pembinaan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada wilayah kerjanya; dan melaksanakan penyelenggaraan dan pelaksanaan fungsi lain di bidang pengawasan keuangan dan pembangunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
” Jadi, kehadiran kami ini untuk mendampingi dan mengawal Pemerintah Kabupaten Belu dalam melaksanakan akuntabilitas keuangan dan kinerja yang baik kedepannya, sehingga mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih dan banyak pencapaian – pencapaian yang belum maksimal tetapi kami yakin pencapaian-pencapaian yang ada bisa dicapai di tahun – tahun akan datang, sehingga bisa mendapatkan WTP, SPIP level 3, kapabilitas APIP dan termasuk perbaikan – perbaikan kinerja lainnya,” ujar Kepala Perwakilan BPKP Provinsi NTT.
Untuk mengelola keuangan yang baik, Ia mengajak Pimpinan OPD dan jajarannya bisa bekerja bersama, karena dalam menyusun laporan keuangan, tidak lepas dari dukungan masing – masing OPD sehingga menghasilkan laporan keuangan yang baik.
Berita: Norci
Foto: Mersy
Video: Sipri Luma
Editor: Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Super Bowl Live Stream

Watch Super Bowl 2022 Live