TINGKATKAN PERCEPATAN VAKSINASI, PEMERINTAH KECAMATAN ATAMBUA SELATAN GELAR RAKOR PENANGANAN COVID-19

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (14/12), Pemerintah Kecamatan Atambua Selatan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Percepatan dan Peningkatan Vaksin Covid-19 kepada masyarakat Kecamatan Atambua Selatan, di Aula Kecamatan Atambua Selatan.
Mungkin gambar 10 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan
Rakor tersebut, dipimpin langsung Camat Atambua Selatan – Ferdinand Hale Kin, ST didampingi Kepala UPTD Puskesmas Atambua Selatan – Juliyanto Hale, A.Md. Kep, serta Danramil 1605-01 Atambua Selatan – Mayor Inf. Jeremias Yonathan Ndun Luanak.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi perkembangan pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Atambua Selatan sekaligus upaya akselerasi capaian vaksinasi serta menguatkan koordinasi dan komitmen bersama dalam penanggulangan Covid-19.
Mungkin gambar 3 orang dan orang berdiri
Pada kesempatan tersebut, Camat Atambua Selatan mengatakan, Rakor hari ini sebagai tindak lanjut dari Rapat Evaluasi Pencapaian Cakupan Vaksinasi Covid-19 beberapa waktu yang dipimpin Bupati Belu.
Menurutnya, hingga saat ini, capaian tingkat vaksinasi Covid – 19 di Kecamatan Atambua Selatan masih sangat rendah atau baru mencapai 59 persen. Karena itu, pihaknya menargetkan pelaksanaan vaksinasi pada akhir tahun kurang lebih 66 persen dari seluruh masyarakat di Kecamatan Atambua Selatan sudah mendapatkan jatah vaksinasi.
Mungkin gambar 2 orang
“Perlu disampaikan bahwa saat ini Kecamatan Atambua Selatan berada pada zona merah tingkat Kabupaten Belu. Karenanya, kita harus bergerak sampai mencapai 66 persen agar bisa keluar dari zona merah,” ungkapnya.
Lanjutnya, jika Pemerintah Kecamatan Atambua Selatan dapat dengan cepat menerapkan kegiatan vaksinasi ini, maka pada akhir tahun 2021 bisa mencapai target sesuai dengan yang diharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu.
Selain itu, dirinya berharap, usai pelaksanaan Rakor ini, para Lurah bersama RT dapat berkoordinasi dengan seluruh Forkopimcam mendata masyarakat yang belum vaksin agar bersama – sama dengan Kepala Puskesmas Atambua Selatan dapat melakukan vaksinasi ke kelurahan masing – masing.
Mungkin gambar 7 orang, orang berdiri dan orang duduk
“Capaian vaksinasi untuk Kecamatan Atambua Selatan masih rendah. Ada Sekitar 6.000-an orang yang belum vaksinasi. Target kami harus kumpul masyarakat sekitar 1.000 orang dalam rangka meningkatkan target capaian vaksinasi Kecamatan Atambua Selatan di akhir tahun ini, ” ucapnya.
Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Atambua Selatan – Juliyanto Hale, A.Md. Kep, mengungkapkan, terkait pelayanan vaksinasi di Wilayah Kecamatan Atambua Selatan, pihaknya menargetkan kurang lebih 14. 965 orang. Sejak awal pelayanan sampai evaluasi hari ini tingkat pencapaiannya kurang lebih 59,6 persen, di mana sasaran dosis pertama yang sudah dilayani sampai update data kemarin, mencapai 8.931. Namun melihat dari sasaran kecamatan, tentunya pihaknya masih punya beban tanggung jawab terhadap 6.000 masyarakat yang belum mendapatkan akses pelayanan.
Mungkin gambar 1 orang
” Kita tidak lagi menunggu masyarakat di Puskesmas untuk datang menerima pelayanan vaksinasi, tetapi kita lebih pro aktif dengan cara mengadakan mobile vaksinasi ke titik – titik wilayah kelurahan yang belum terlayani, sehingga target yang diberikan oleh Bupati Belu untuk dua minggu ke depan, 2000 orang paling kurang kami dapat mencapainya, ” jelasnya.
Pada rakor itu juga dilakukan penyampaian pendapat dari para lurah serta Forkopimcam untuk selanjutnya agar dapat dievaluasi kembali oleh Pemerintah Daerah dalam melaksanaan peningkatan capaian target vaksinasi Kabupaten di Kabupaten Belu.
Turut hadir pada Rakor tersebut, Sekretaris Kecamatan Atambua Selatan, Babinkamtibmas Kelurahan se-Kecamatan Atambua Selatan dan para Lurah se-Kecamatan Atambua Selatan.
Berita : Frans Leki
Foto : Hiro Mones
Video : Sipri Luma
Editor: Eli Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Super Bowl Live Stream

Watch Super Bowl 2022 Live