SEKDA BELU BUKA SOSIALISASI PERBUP STBM GESI DAN ROADMAP STBM

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (01/12), Sekretaris Daerah Kabupaten Belu- Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati (PERBUP) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) Gesi dan Roadmap STBM untuk Pokja AMPL Kepala Puskesmas dan Camat, serta Pembahasan Capaian Pelaksanaan Kegiatan 5 Pijar STBM.

Sosialisasi yang berlangsung di Hotel Nusantara II ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Belu dengan Yayasan Plan Internasional Indonesia dan Yayasan Pijar Timur Indonesia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belu -Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si dalam sambutan menguraikan STBM merujuk pada 5 pilar dan beberapa hal yang disampaikan untuk perubahan perilaku, Infrastruktur, regulasi.

“Jadi kampanye tentang STBM ini sudah ada sejak dahulu dan ini kita harus konsisten karena kita merubah perilaku tidak mungkin kita buat satu dua tahun ini langsung berubah,” kata Sekda.

Lanjut Sekda Belu, bahwa Infrastruktur yang baik jika tidak ditunjang dengan perilaku yang baik tidak akan berhasil, jadi aturan dan Peraturan Bupati ini bagian dari regulasi yang mengatur semua.

Diakhir sambutan Sekda menyampaikan dukungan pemerintah dan berharap peserta mengikuti sosialisasi dengan baik.

” Pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, harapan kami tentunya kita sama – sama mengikuti dengan baik sehingga apa yang kita terima di kesempatan ini dapat ditularkan ke masyarakat,” pesan Sekda Belu.

Sementara itu Kepala Yayasan Pijar Timur Indonesia- Vincent Kia Beda menjelaskan tujuan dari Roadmap STBM adalah untuk mencegah stunting. Kaitan dengan itu ada dua pekerjaan yang harus dilakukan yakni layanan air bersih dan perbaikan sanitasi.

” Hari ini kita sosialisasi, kita berharap akan berlanjut di kecamatan – kecamatan dan kita akan mempercepat untuk deklarasi Kabupaten STBM dan proses deklarasi harus sesuai dengan verifikasi dari tingkat provinsi.

Harapan terbesar kami bukan hanya saja deklarasi tapi perilaku hidup bersih dan sehat, kita mulai berubah menuju pada derajat kesehatan yang normal,” jelas Ketua Yayasan Pijar Timur.

Hadir pada sosialisasi ini para Camat, Kepala Puskesmas, Wakil Ketua TP PKK Kab. Belu, Utusan OPD terkait, perwakilan kelompok penyandang disabilitas Kab. Belu.

Berita: Ria
Foto: Jun
Video: Jhon
Editor: Eli Mali

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.