PEMKAB BELU DUKUNG PEIB PASAR INOVASI INKLUSIF DI KAB. BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU — Jumat (21/10), Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD- KGEH, FINASIM didampingi Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM menghadiri Pertemuan Koordinasi Program Pembangunan Ekonomi Inklusif Berkelanjutan (PEIB)/Pasar Inovasi Inklusif di Kabupaten Belu yang berlangsung di Cafe Amor, Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu.

Mungkin gambar 5 orang dan orang berdiri

Program Ekonomi Inklusif Berkelanjutan (PEIB) merupakan salah satu program yang didanai oleh UNI EROPA dari Bulan Mei 2018 – Desember 2021. Strategi utama pembangunan inklusif adalah penciptaan lapangan kerja produktif dan menguntungkan, penyediaan jaring pengaman sosial yang efektif dan efisien untuk melindungi mereka yang tidak mampu bekerja atau yang terlalu sedikit mendapatkan manfaat pembangunan, peningkatan pelayanan publik dasar dan dukungan kebijakan publik yang memadai.
Dalam sambutan Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD- KGEH, FINASIM, menyatakan menyambut baik kehadiran Program PEIB di Kabupaten Belu yang berfokus pada pembangunan ekonomi inklusif di Kabupaten Belu. Yang mana membangun pertumbuhan ekonomi yang inklusif merupakan salah satu syarat penting agar ekonomi dapat tumbuh secara berkelanjutan dan lebih tahan terhadap goncangan yang datang dari dalam maupun luar. Dan pembangunan pertumbuhan ekonomi juga harus memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya pengentasan kemiskinan dan pemerataan Pembangunan Ekonomi Inklusif Berkelanjutan.
Mungkin gambar 1 orang dan berdiri
” Tentunya, program ini sangat penting dan luar biasa, Kami selaku Pemerintah menyambut baik program yang didukung Uni Eropa, CIS Timor dan Mitra lainnya, kedepannya kita semua perlu mendukung penuh program ini untuk keberlangsungan hidup masyarakat secara berkelanjutan,” ungkap Bupati Belu.
Untuk mengurangi angka kemiskinan melalui pembangunan ekonomi inklusif berkelanjutan (PEIB), Bupati Belu menyampaiian bahwa semua pihak hendaknya bisa berkontribusi untuk menciptakan peluang usaha yang setara, berbagi manfaat pembangunan dengan memberi ruang yang seluas – luasnya dalam pengambilan keputusan seluruhnya.
Mungkin gambar 5 orang, orang duduk dan orang berdiri
” Kita berharap program yang akan dilaksanakan dapat memperkuat kapasitas masyarakat dan memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat rentan termasuk perempuan dan penyandang disabilitas agar terlibat aktif dalam proses pembangunan,” katanya.
Bupati meminta Instansi – Instansi terkait dapat bersinergi dengan CIS Timor serta mitra lokal lainnya untuk berpartisipasi aktif mendukung program ini kedepan sehingga diakhir program nanti ada perubahan yang terjadi dan dirasakan oleh masyarakat penerima manfaat.
Mungkin gambar 2 orang, orang duduk dan orang berdiri
Sementara itu, Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM menyampaikan Pemerintah dan Perbankan akan terus berupaya dengan cara masing – masing untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Dan terus mengembangkan produk – produk yang ada.
“Jadi, ketika semua elemen masyarakat kita berdayakan dan perputaran kegiatan ekonomi mulai bergerak tentu kondisi ekonomi secara total di Kab. Belu akan menjadi lebih baik,” imbuh Wabup Belu.
Mungkin gambar 6 orang dan orang berdiri
Terkait produk yang akan dihasilkan, Wabup meminta kepada semua pihak yang terlibat aktif untuk melihat dan memperhatikan Produk, harga, cara mempromosikan dan pendistribusiannya seperti apa.
“Jadi, ada 4 hal, produk kita lihat baik – baik dan buat baik sehingga bisa dipasarkan, harga juga harus kompetitif dan bagaimana cara mempromosikan, melalui digitalisasi dan juga melalui mulut ke mulut dan pendistribusian produk, dan harus berbeda dengan yang lainnya,” ujarnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Belu, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, Camat Kakuluk Mesak, Kepala Desa Silawan, Dualaus dan Kenebibi, Para Pimpinan Bank ( BRI, BNI, Mandiri dan Bank NTT), Pimpinan Koperasi CU Kasih Sejahtera dan Koperasi Pintu Air, Pimpinan LSM
Berita: Dora & Norci
Foto: Hiro
Video: Sipri
Editor: Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.