WABUP BELU BUKA SOSIALISASI PERBUP PENERAPAN SISTEM ONLINE PAJAK DAERAH

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (07/10), Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM membuka secara resmi Sosialisasi Peraturan Bupati Belu Nomor 16 Tahun 2021 tentang Penerapan Sistem Online terhadap Pajak Daerah Kabupaten Belu, berlangsung di Aula Bapenda Kabupaten Belu.
Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan duduk
Penerapan Sistem Online terhadap Pajak Daerah di Kabupaten Belu ini digelar Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu bagi Pengusaha Hotel dan Restauran di Kabupaten Belu. Kegiatan dimaksudkan untuk implementasi Peraturan Daerah sebagai pedoman dan legalitas bagi pemerintah daerah guna menerapkan sistem online pajak dalam rangka pengembangan E-goverment di daerah.
Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM usai kegiatan mengatakan, sosialiasi tentang penerapan sistem online terhadap pajak dan retribusi daerah. Diharapkan melalui kegiatan tersebut akan terjadi efisiensi dan efektivitas dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dalam sektor pajak dan retribusi daerah.
Mungkin gambar 1 orang, duduk dan teks yang menyatakan 'PASEO'
“Tentu kalau kita lakukan itu dengan baik akan terjadi efisiensi yang menjadi nilai tambah bagi kita semua,” kata Wabup.
Lanjutnya, penerapan sistem online terhadap pajak daerah ini akan dilakukan secara bertahap dari waktu ke waktu.
Tapping box menjadi salah satu instrumen atau alat untuk mengukur/menghitung seberapa banyak langganan atau customer yang datang ke rumah makan atau menginap di hotel.
“Kalau itu dilakukan dengan baik akan menjadi sebuah nilai tambah bagi kita. Untuk itu mereka harus bisa memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban,” timpalnya.
Mungkin gambar 2 orang dan orang berdiri
Di akhir kegiatan, Wabup mengharapkan pelayanan optimal kepada masyarakat karena itu menjadi sasaran pelayanan Pemerintah.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu – Marsianus Loe Mau, SH menyebut, tujuan penerapan pembayaran pajak online ini adalah sebagai salah satu upaya optimalisasi Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak. Alat yang digunakan adalah Tapping box atau mesin transaksi.
Mungkin gambar 1 orang dan duduk
” Tetapi kami di Badan Pendapatan menamakan Mesin Kejujuran atau Mesin Transparansi karena khusus untuk pembayaran pajak hotel dan restauran itu sifatnya menghitung sendiri dan melaporkan sendiri,” bebernya.
Dengan pemasangan alat ini diharapkan transparansi data, pelaporan dan transparansi transaksi dari pendapatan hotel dapat dilakukan secara real time, karena terus melakukan kerja sama dengan dunia usaha, Hotel, Restaurant dan Bank NTT.
Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan teks yang menyatakan 'BUPATI BELU ROVINSI TENGGARA TIMUR PERATURAN BUPATI BELU NOMOR 16 TAHUN 2021 TENTANG SISTE) TERHADAP PAJAK DAERAH ATEN BELU'
“Alat ini merupakan salah satu alat untuk kita melakukan transparansi pelayanan juga PAD yang merupakan sumber pendapatan daerah ini bisa dioptimalkan untuk membiayai proses pembangunan di Kabupaten Belu. Hal ini yang dilakukan pemerintah bersama dunia usaha,” jelas Kepala Bapenda.
Pemateri dalam sosialisasi Penerapan Sistem Online terhadap Pajak Daerah di Kabupaten Belu ini Kepala Bidang Pembukuan dan Pelaporan – Simplisius Vinsen Dalung, ST.
Berita : Mercy Aton
Foto : Frans Leki
Video : Mercy Aton
Editor : Eli Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.