RAKOR DINKES BELU BERSAMA STAKEHOLDER, PERCEPAT ELIMINASI MALARIA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu ( 07/10 ), Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp. PD – KGEH, FINASIM membuka Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Malaria dalam rangka Percepatan Eliminasi Malaria.
Mungkin gambar satu orang atau lebih dan dalam ruangan
Sesuai data yang dilaporkan panitia penyelenggara dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belu sampai dengan Bulan September 2021, kasus Malaria secara Nasional sebanyak 94.610 kasus, Provinsi NTT dilaporkan kasus Malaria sebanyak 2.393 sedangkan di Kabupaten Belu terdapat 1 kasus Malaria impor dari Papua ditemukan di Puskesmas Nualain. Kasus Malaria dengan angka Annual Parasite Incidence 3 Tahun terakhir dengan kisaran 0,24 Tahun 2019, 9,12 Tahun 2020, dan 0,01 Tahun 2021 maka berdasarkan data tersebut Kabupaten Belu saat ini berada pada tahap pra eliminasi.
Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus,Sp.PD- KGEH, FINASIM menyampaikan salah satu penyakit infeksi adalah Malaria dan dapat menyebabkan kematian.
Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan dalam ruangan
” Salah satu penyebab kasus Malaria adalah mobilitas masyarakat kita, mobilitas masyarakat sangat berpengaruh, jadi perhatikan bahwa mobilitas masyarakat makin tinggi penyakit pun menular makin tinggi,” kata Bupati.
Lanjut Bupati kasus Malaria menjadi tantangan, secara Nasional Provinsi NTT 75 sampai 80 persen kasus malaria ini sangat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kesehatan masyarakat.
Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan dalam ruangan
” Ini tantangan bagi kita, kita sudah buat SK Bupati dan komitmen dari Pemerintah Provinsi NTT agar Tahun 2023 tidak ada kasus malaria lagi kalau bisa, oleh karena itu dibutuhkan partisipasi masyarakat,” ungkap Bupati.
Di akhir sambutannya Bupati Belu mengajak masyarakat untuk bersama – sama menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari nyamuk Malaria.
” Saya pikir sederhana saja kita bersama masyarakat bersihkan jentik – jentik nyamuk malaria dan demam berdarah bersihkan lingkungan. Camat, Lurah dan semua stakeholder gerakan kembali,” ajak Bupati.
Hadir pada Rapat koordinasi ini Forkopimda Kabupaten Belu dan perwakilan OPD terkait.
Berita: Ria
Foto: Jun
Video: Jhon
Editor: Eli Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.