PENYERASIAN RENCANA PROGRAM PENGEMBANGAN DAERAH TERTINGGAL KAWASAN PERBATASAN

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (28/9), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Belu menggelar Rapat Koordinasi Sinkronisasi dan Penyerasian Rencana Program dan Implementasi Pengembangan Daerah Perbatasan dan Persiapan Rencana Aksi Penanganan Daerah Tertinggal Kabupaten Belu, yang berlangsung di Aula BP4D Kabupaten Belu.
Mungkin gambar 3 orang, orang duduk, bunga dan dalam ruangan
Turut hadir dalam kegiatan ini, Analisis Pembangunan – Egkrateia Putra dan Perencana Ahli Muda pada Kemendesa PDTT – Alvin, pimpinan OPD Kabupaten Belu, Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Djitro Muskanan, S.Sos, para Kepala Bidang serta pejabat yang mewakili Pimpinan OPD Kabupaten Belu.
Plt. Kepala BP4D Kabupaten Belu – Dra. M.K Eda Fahik, MM dalam sambutan mengatakan, kehadiran pemerintah pusat di Kabupaten Belu untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi Belu sebagai Kabupaten tertinggal di Indonesia. Melalui pertemuan ini, pihaknya berharap Kementerian Desa akan melakukan fasilitasi terhadap Kabupaten Belu dua tiga tahun ke depan.
Mungkin gambar 1 orang dan duduk
“Kita berharap sesuai rencana tahun 2024, ada integrasi program dari pusat sampai ke daerah untuk program kawasan tertinggal. Saya yakin, Kabupaten Belu bisa keluar dari daerah tertinggal,” ungkapnya.
Terkait kesiapan – kesiapan yang sudah dilakukan agar daerah Kabupaten Belu bisa keluar dari daerah tertinggal, Plt. Kepala BP4D yang juga Kadis PMPTSP ini mengatakan, pihaknya sudah memiliki dokumen perancanaan dengan prioritas – prioritas pembangunan dari tahun 2021 hingga 2026.
“Dokumennya sudah ada, tinggal bagaimana kita sinergikan. Dari sisi Badan Perencana Kabupaten, kami akan melakukan fasilitasi terhadap OPD terkait untuk bersama – sama melihat indikator – indikator yang belum tercapai. Indikator – indikator yang belum tercapai itu, kita akan lakukan intervensi secara bersama- sama dan akan kita integrasikan semua usulan-usulan itu untuk selanjutnya dikomunikasikan lebih lanjut ke pusat melalui Kementerian Desa,” ucapnya.
Mungkin gambar 1 orang, duduk dan dalam ruangan
Pada kesempatan yang sama, Perencana Ahli Pertama Direktorat Penyerasian Rencana dan Program PPDT pada Direktorat Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Derah Tertinggal dan Transmigrasi – Mohammad Sultan N mengatakan, kedatangan pihaknya ke Kabupaten Belu dalam rangka penyerasian rencana dan program percepatan pembangunan daerah tertinggal, khususnyadi di kawasan perbatasan. Selain itu juga, ingin menggali bagaimana kondisi riil di lapangan tentang 6 kriteria dan 22 indikator di daerah tertinggal.
“Kedatangan kami ke Kabupaten Belu untuk melihat peluang – peluang yang bisa kami kembangkan dan permasalahan – permasalahan apa yang harus segera ditangani, sehingga diperiode selanjutnya Kabupaten Belu sudah tidak lagi tergolong daerah tertinggal atau berhasil dituntaskan,” ucapnya.
Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri, orang duduk dan dalam ruangan
Menurut Sultan, selain melihat permasalahan – permasalahan di wilayah perbatasan, pihaknya juga ingin menggali tentang bagaimana program dan kegiatan K/L yang akan koordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait sesuai dengan kebutuhan daerah untuk tahun 2022.
“Kami ingin mendetailkan dan menajamkan serta kami ingin menggali bagaimana kebutuhan daerah untuk tahun – tahun berikutya hingga tahun 2024. Selain itu, tujuan kami juga lebih untuk menggali bagimana potensi tentang sumber daya alam di Kabupaten Belu, apa yang harus kita kembangkan serta permasalahan – permasalahan ke depan harus segera kita tangani. Poin – poin itulah yang perlu kita gali dan coba kita tajamkan dengan kunjungan ke Kabupaten Belu,” tandasnya.
Sesuai rencana, Tim Kemendesa PDTT akan meninjau beberapa lokasi yang menjadi prioritas pembangunan di Kabupaten Belu.
Berita/Foto : Frans Leki
Video : Dion Luan
Editor : Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.