DUKUNG KELOMPOK TENUN, DEKRANASDA GANDENG BNI KEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI PENENUN

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (23/09), Ketua Dekranasda Kab. Belu – Ny. Dra. Freny Sumantri Taolin didampingi Wakil Ketua Dekranasda Kab. Belu – Ny. Rinawati Br Perangin Angin, SE.MM membuka dan sekaligus menjadi Pemateri dalam Kegiatan Rumah Kreatif BUMN BNI Cabang Kab.Belu dengan thema ”Peran Penting Penciptaan Motif Tenunan dan Pengembangan Kualitas Mutu Produk”. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Dekranasda Kab. Belu dengan BNI Cabang Atambua bertempat di Galeri Tenun – Haliwen – Kab. Belu.
Mungkin gambar 2 orang, orang berdiri dan dalam ruangan
Rumah Kreatif BUMN BNI merupakan salah satu program yang dikelola oleh BNI untuk mendukung UMKM di Kabupaten Belu serta meningkatkan kreatifitas dan inovasi masyarakat di Wilayah perbatasan RI – RDTL.
Ketua Dekranasda Kabupaten Belu – Ny. Dra. Freny Sumantri Taolin menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kehadiran Rumah Kreatif BUMN yang dikelola oleh BNI Cabang Kab. Belu.
Lebih lanjut Ketua Dekranasda Belu menambahkan bahwa kehadiran Rumah Kreatif BUMN sangat membantu pelaku UMKM khususnya kelompok tenun ikat di Kabupaten Belu untuk mengembangkan kualitas produk dan menciptakan motif tenun yang baru sehingga mampu dikenal dan berdaya saing dengan dunia luar.
Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan dalam ruangan
” Saya pikir kegiatan yang dilakukan BNI Cabang Kab. Belu dengan Dekranasda ini sangat bagus, yang mana selain memajukan usaha tenun ikat di daerah, pengembangan tenun ikat juga bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Belu sehingga tidak hilang di masa – masa yang akan datang,” ungkap Ketua Dekranasda Belu.
Ketua Dekranasda juga menjelaskan kegiatan ini dilakukan guna mendorong penenun untuk berinovasi bukan hanya mengelola tenun menjadi tais tetapi juga bisa menjadi olahan – olahan lainnya seperti sepatu, tas, tablak meja dan berbagai olahan lainnya, sehingga tidak hanya dikenal di Kab. Belu saja namun di dunia mancanegara.
Mungkin gambar 6 orang, orang duduk dan orang berdiri
” Tentunya, harapan saya tais Belu ini bukan hanya dikenal di daerah saja tetapi juga di dunia Mancanegara,” harapnya.
Sementara itu, Kepala BNI Cab. Kab. Belu – Yosepha M. Angi, ST menjelaskan bahwa Rumah Kreatif BUMN ini merupakan tempat bagi semua UMKM berkumpul dengan maksud untuk memasarkan produk, membuat program pelatihan, dan berdiskusi.
Disampaikannya juga, program – program Rumah Kreatif BUMN ini rutin dilaksanakan setiap bulan sampai dengan Bulan Desember, dengan materi yang berbeda -beda, yang bertujuan untuk mendorong dan membina Pelaku UMKM di Kabupaten Belu.
Mungkin gambar 1 orang dan berdiri
” Jadi, Intinya Rumah BUMN ini hadir di Kabupaten Belu untuk mendukung Pelaku UMKM, selain Tenun Ikat, kami juga membina pelaku Usaha Kuliner, aksesoris dan lainnya, kerajinan – kerajinan yang ada di Kabupaten Belu semuanya harus kami bina dan eksplore,” ujar Kepala BNI Cabang Kab. Belu.
Dia juga mengutarakan bahwa semua produk yang dihasilkan oleh semua pelaku UMKM ini akan kami jual baik melalui Online. Karena itu, kami perlu mempersiapkan semua Pelaku UMKM agar bisa bersaing dengan produk luar.
Mungkin gambar 10 orang, orang duduk dan orang berdiri
Ia juga menambahkan, peserta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang melibatkan kelompok tenun binaan Rumah Kreatif BUMN BNI, Dekranasda Kab. Belu dan 5 Bumdes diantaranya Bumdes Kabuna, Bumdes Sadi, Duarato, Tohe Leten.
Pemateri dalam kegiatan ini yakni Ketua Dekranasda Kab. Belu dengan judul materi diversifikasi produk Tenun.
Pemateri kedua Wakil Ketua Dekranasda Kab. Belu, dengan Materi analisis usaha tenun.
Selanjutnya simbol dan makna tenun ikat bagi masyarakat Kab. Belu yang dibawakan oleh Pemerhati Tenun Ikat – Pius Fahik dan Pemateri terakhir oleh Felix Nesi dengan judul materi Kualitas Mutu Produk.
Berita: Dora & Norci
Foto: Hiro
Video: Sipri
Editor:Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.