DESA KABUNA MEWAKILI PROVINSI NTT MENGIKUTI LOMBA PERPUSTAKAAN TERBAIK TINGKAT NASIONAL

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU-Rabu (08/09), Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak terpilih mengikuti Lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) Terbaik Tingkat Nasional mewakili Provinsi NTT. Perlombaan diikuti secara Daring bertempat di Aula Kantor Desa Kabuna.
Mungkin gambar 1 orang dan dalam ruangan
Keberadaan Perpustakaan Desa Kabuna sejak Tahun 2019 mendapat bantuan buku dari Perpustakaan Nasional berupa 1.000 eksemplar dengan 500 judul buku, 1 Server Wifi, 4 buah rak buku, 3 Unit Komputer, 1 Unit Printer dan 1 unit TV.
Kepala Bidang Pembudayaan Kegemaran Membaca dan Pengolahan Bahan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belu – Zelia L. Da Costa, S.STP mengatakan telah mengajukan beberapa nama Desa untuk mengikuti perlombaan. Yang menjadi persoalannya Kepala Desa belum memiliki niat untuk bersama – sama mengembangkan Perpustakaan Desa.
Mungkin gambar 1 orang dan dalam ruangan
” Kalau Kepala Desanya tidak ada niat kita percuma juga, jadi sebenarnya kami hanya membuka jalan, membina. Kami selalu bekerja sama dalam hal buku, mengarahkan mereka dan melatih namun jantungnya ada di Desa penting atau tidak literasi bagi mereka,” jelas Kabid.
Terkait dengan Buku, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selalu berupaya agar ada penambahan buku – buku bacaan di Perpustakaan.
” Saya bangun koordinasi dengan semua pihak untuk menambah buku bacaan, karena tidak selamanya harus di anggarkan pada APBD, kita investasi ilmu kepada generasi penerus agar ketika kita tidak ada lagi, maka mereka yang meneruskan untuk bangun daerah kita lebih maju,” kata Kabid.
Mungkin gambar 1 orang
Kepala Desa Kabuna – Adrianus Y. Laka, S.TP mengatakan layanan perpustakaan awalnya hanya di buka pada hari Jumat dan Sabtu namun ketika mengikuti perlombaan tingkat kabupaten mendapat juara, sehingga Perpustakaan Desa sudah di buka tiap hari.
” Kami layani dari hari Senin sampai Sabtu, kalau pagi hari tidak ada pendampingan kami memberikan kesempatan anak -anak sekolah yang ada di Desa Kabuna untuk memanfaatkan internet dan buku yang ada untuk mengerjakan tugas,” jelas Kades.
Mungkin gambar 1 orang dan layar
Diakhir wawancara Kepala Desa berharap dengan segala keterbatasan yang ada dapat menjuarai perlombaan ini. Diharapkan juga Pemerintah dapat membantu menambah komputer untuk membantu anak – anak belajar.
Pada perlombaan ini Kepala Desa Kabuna memaparkan Keadaan Perpustakaan, Profil Perpustakan Desa Kabuna, dan sesi tanya jawab secara Daring.
Berita: Ria
Foto: Jhon
Video: Jun
Editor: Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.