TEMBUS 10 BESAR DI AJANG KIP TINGKAT NASIONAL, DESA KABUNA SIAP BERKOMPETISI JADI DESA TERBAIK

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (07/09), Desa Kabuna Kecamatan Kakuluk Mesak Kab. Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu desa yang terpilih dalam 10 Besar Desa Terbaik dari 69 Desa yang ada di Kabupaten Belu. Desa yang berbatasan langsung dengan Negara Demokratik Timor Leste, siap berkompetisi pada ajang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021.
Mungkin gambar 4 orang, orang berdiri, orang duduk dan dalam ruangan
Desa Kabuna memiliki Wilayah seluas 839,49 Ha dengan batas-batas Wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Desa Jenilu, Desa Kenebibi dan Desa Silawan, Selatan berbatasan dengan Desa Umakalaran dan Kelurahan Fatubenao, sebelah Barat berbatasan langsung dengan Desa Leosama dan Kelurahan Umanen, Timur berbatasan dengan Desa Sadi, Desa Tulakadi dan Desa Umaklaran, dengan Jumlah Penduduk sebanyak 6.110 Jiwa.
Kepala Desa Kabuna – Adrianus Yoseph Laka, S.TP mengatakan hari ini sangat bersyukur dan tidak menyangka kalau Desa Kabuna masuk dalam 10 besar.
” Dalam perjalanan pelayanan itu banyak keterbukaan yang kita berikan dan informasi semua masyarakat bisa mengakses dan kita juga terbuka untuk masyarakat mulai dari musrenbang, peninjauan lokasi dan penyusunan APBDes walaupun pandemi kami tetap berinovasi,” tandasnya.
Mungkin gambar 1 orang dan berdiri
Lanjut Kades dari 69 desa yang ada di Kabupaten Belu, Bumdes Kabuna yang sampai hari ini tetap eksis. Inovasi baru pelayanan yang ada di Desa Kabuna ini semuanya gratis tanpa dipungut biaya dan pelayanan untuk bantuan BLT telah bekerjasama dengan pihak Bank sehingga desa tidak lagi berhubungan dengan uang masyarakat. Semua dilayani oleh pihak Bank dan masyarakat mendapatkan haknya tanpa persoalan sampai saat ini.
Mungkin gambar satu orang atau lebih dan orang berdiri
“Saya sangat berharap dan yakin kalau Desa Kabuna bisa masuk dalam 3 besar karena pelayanan yang selama ini kami jalankan benar-benar seperti apa yang masyarakat harapkan. Masyarakat sangat puas dengan pelayanan kami selama ini, karena hak-hak mereka tidak ada yang hilang dan mereka mendapatkan haknya dengan baik dan saya juga berharap ini menjadi perhatian penuh bagi Pemerintah Pusat sehingga bisa memberikan reward untuk kami sehingga bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di Kabupaten Belu,” beber Kades penuh optimis.
Mungkin gambar 2 orang, orang duduk, orang berdiri, dalam ruangan dan teks yang menyatakan 'DISI TIM KEMENTERIAN DESA PD DALAM RA ETERBU ESA KA'
Tim penilai dalam Visitasi Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik di Desa Kabuna ini terdiri dari Sub Koordinator Fasilitasi Advokasi dan Diseminasi Kebijakan Pembangunan Kementerian Desa PDTT – Asep Heruhidayat, Komisi Informasi Pusat – M. Syahyan, Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Timur – Daniel dan Tenaga Ahli Bakti Kominfo – Irman Meilandi.
Berita: Mercy Aton
Foto: Frans Leki
Video: Dion Luan
Editor: Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.