BUPATI BELU BERSAMA USKUP ATAMBUA RESMIKAN GEDUNG KANTOR PUSAT CUKS ATAMBUA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (20/08), Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM, bersama YM. Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr Meresmikan Gedung Kantor Pusat Credit Union Kasih Sejahtera Atambua.
Mungkin gambar satu orang atau lebih, orang berdiri dan langit
Peresmian ini berlangsung di halaman Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera di Jalan Sukarno Kelurahan Berdao Kecamatan Kota Atambua diawali dengan pelepasan burung Merpati dan balon kebersamaan Kopdit CU Kasih Sejahtera Atambua, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti oleh Bupati Belu dan pemotongan pita oleh Yang Mulia Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr.
Dalam sambutannya Bupati Belu – dr. Taolin Agustinus, Sp.PD- KGEH, FINASIM, mengucapkan profisiat atas peresmian gedung baru dan menyampaikan terimakasih atas kehadiran lembaga Ceredit Union Kasih Sejahtera yang telah membantu Pemerintah dalam pengembangan ekonomi masyarakat lewat pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah.
Mungkin gambar 2 orang dan orang berdiri
” Pada kesempatan pertama, atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Belu mengucapkan profisiat dan selamat kepada CU Kasih Sejahtera yang pada hari ini telah diresmikan kantor pusatnya di Kabupaten Belu, gedung ini sangat megah dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang sangat baik dan menggunakan lift. Saya memberi apresiasi kepada para Romo yang melakukan pembangunan ini secara efisien,” ungkap Bupati Belu.
Bupati Belu juga menghimbau kepada para pimpinan OPD terutama Kepala Dinas Koperasi, apabila ada pelatihan-pelatihan ataupun kegiatan lainnya dapat menggunakan fasilitas ruangan yang sudah ada di CUKS.
” Saya menghimbau kepada para pimpinan OPD terutama Kepala Dinas Koperasi, apabila ada program pelatihan ataupun kegiatan kelompok usaha lainnya dapat menggunakan fasilitas ruangan yang sudah ada di CUKS ini dan kita dapat mengundang bapak Uskup, para Romo dan para pengusaha yang sudah sukses untuk memberikan pencerahan kepada kita terkait dengan berkoperasi dan usaha kecil mikro dan menengah. Hari ini kita hadir di sini ada banyak pelajaran dari perjalanan panjang CU berkembang di Kabupaten Belu. CU Kasih Sejahtera ini, dalam 14 tahun bisa menghasilkan uang 7 triliun di Indonesia dan puluhan miliar di Kabupaten Belu dengan perputaran uang di tangan para anggota CU yang berjumlah sudah mencapai ribuan anggota,” ungkap Bupati.
Mungkin gambar 2 orang, orang berdiri dan dalam ruangan
Ditambahkan Bupati Belu, saat ini Pemerintah Kabupaten Belu sedang kembangkan Food Estate di wilayah Desa Fatuketi dan kelompok yang kita bina akan menjadi bagian dari Credit Union sekalian untuk menjadi tempat pembinaan bagi mereka. Ini merupakan satu hal positif yang perlu kita belajar dan kembangkan, untuk generasi muda Rai Belu jangan malu untuk memulai sesuatu oleh karena untuk berhasil kita butuh belajar.
” Hari ini saya bangga menjadi orang Belu oleh karena anak -anak kita di kabupaten Belu ini ternyata bisa mengelola keuangan miliaran rupiah terutama dalam pembangunan gedung megah ini, oleh karena itu bagi kaum mudah generasi kabupaten Belu jangan berkecil hati dan tetap optimis, mari kita bangun Rai Belu ini menuju masyarakat yang sehat, berkarakter dan kompetitif,” pungkas Bupati Belu.
Lanjut Bupati, program-program yang kita jalankan selama ini akan kita kawal bersama dan biasakan untuk sedikit berbicara dan harus banyak bekerja, kita realisasikan apa yang kita kerjakan dan saya berkomitmen bahwa dimana ada Pemerintah ada juga Gereja didalamnya baik gereja Katolik maupun Protestan, dan kepercayaan lain, mari bersama kita bangun Negeri ini oleh karena kita masyarakat yang sama, perjuangan yang sama, punya visi dan misi yang sama untuk masyarakat kita hidup lebih baik.
Mungkin gambar 9 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan
Pada kesempatan yang sama Ketua Pengurus Credit Union Kasih Sejahtera Atambua – Romo Kris Lake, Pr dalam sambutannya mengungkapkan Pembangunan gedung CU Kasih Sejahtera yang diresmikan menantang bagi para pengurus, pengawas dan pegawai untuk bagaimana mendekatkan diri dengan anggota masuk dalam kehidupannya serta mendidik untuk setia menabung dan meminjam terutama mengembangkan pinjaman produktif.
” Berdirinya rumah pemberdayaan ini menjadi bukti pemberdayaan dan kemandirian anggota, sekaligus menampilkan citra CUKS sebagai lembaga yang tangguh dan terus tumbuh subur di bumi Keuskupan Atambua yang meliputi Kab. Belu, TTU dan Malaka, dan dalam jaringan kebersamaan dengan sekunder, Pusat Koperasi Credit Union Indonesia di Pontianak Kalimantan Barat bersama kita tangguh, bersama kita tumbuh. Gedung yang bagus ini merupakan rumah pemberdayaan, gedung ini dibangun dengan dana dari seluruh anggota CUKS dan kalau kita melihat data, anggota CUKS adalah orang – orang kecil yang tersebar di 12 Kantor Pelayanan. Sesuai dengan Laporan Keuangan per 31 Juli 2021, jumlah anggota CU Kasih Sejahtera sebanyak 36.912 orang dari target 37.172, artinya masih terdapat selisih 260 orang, aset sebesar 457.498.371.420 dan 8,22% dari standar ideal 5%.
Mungkin gambar 2 orang
CU Kasih sejahterapun ditantang untuk mempraktekan misi, visi dan nilai nilai inti yang bermuara pada pemberdayaan, maka komitmen untuk terus mengembangkan dan mewujudkan misi ekonomi melalui pemberdayaan bagi kami adalah sangat penting, karena jika pemberdayaan berjalan dengan baik maka pasti (CUKS) akan aman , sehat dan berkelanjutan, demikian pula dengan anggota, hidupnya akan menjadi lebih baik.
Maka dihari yang penuh sukacita ini mari kita berjuang dalam kebersamaan untuk mensejahterakan anggota dan masyarakat di bumi KA yang kita cintai ini baik di Kabupaten Belu, TTU maupun Malaka.
Diakhir kata, saya menyampaikan terima kasih berlimpah kepada Bapak Uskup Atambua atas nasehat dan bimbingan yang baik sehingga kamipun semakin tertantang untuk terus maju.
Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu, TTU dan Malaka atas segala dukungan sehingga CU Kasih Sejahtera semakin bertumbuh hingga saat ini.
Turut hadir dalam pengresmian gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera Atambua hari ini, Ketua DPRD Belu, Kajari Belu, Kapolres Belu, Dandim 1605/Belu, Dansatgas Pantas RI-RDTL, Danyon Raider Khusus 744/ SYB Tobir, utusan dari Kabupaten Malaka, Asisten 2 Kabupaten TTU.
Berita : Hengki Mao
Foto : Hiro Mones
Video : Sipri Luma
Editor : Eli Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.