DINAS PETERNAKAN BELU BERKOMITMEN TERUS MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN HEWAN

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (01/07), Di tengah merebaknya kasus Virus Corona atau COVID-19, Dinas Peternakan dan Keswan dituntut cerdas untuk tetap menjalankankan tupoksi dan kebijakannya dalam upaya membangun dan memajukan sub sektor peternakan di Kabupaten Belu.
Mungkin gambar hewan
“Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan hingga saat ini terus berkomitmen dalam upaya peningkatan status kesehatan hewan khususnya dalam melayani masyarakat peternak di wilayah Kabupaten Belu,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Belu – Drs. Nikolaus U. K. Birri, MM di ruang kerjanya, Jumat (25/06).
Kadis Umbu Niko menjelaskan, dalam rangka mendukung upaya pengendalian dan penanggulangan penyebaran wabah COVID-19, maka pelaksanaan kegiatan vaksin sebagai tindak pencegahan dan pemberantasan penyakit menular tetap dilaksanakan dengan cara petugas yang mendatangi ternak dari kandang satu ke kandang yang lain.
Mungkin gambar 1 orang, berdiri, pohon dan luar ruangan
“Namun dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan sarung tangan, mencuci tangan menggunakan sabun, cairan antiseptik atau hand sanitizer sebelum dan sesudah melakukan pelayanan, serta melakukan pembatasan komunikasi peternak dengan menjaga jarak aman (social atau physical distancing),” ungkapnya.
Dengan protokoler seperti itu, diharapkan kegiatan pelayanan kesehatan hewan yang meliputi pencegahan penyakit lewat vaksin, penanganan atau pengobatan penyakit hewan, pelayanan penanganan reproduksi ternak atau pemeriksaan kebuntingan, pemberian multivitamin, antibiotik dan pemberian obat cacing dapat tetap terlaksana dengan baik.
Mungkin gambar 1 orang, duduk dan dalam ruangan
Selain itu, pentingnya kesehatan hewan sama artinya dengan pentingnya upaya meningkatkan kesejahteraan peternak dan perlindungan keselamatan manusia dari infeksi penyakit zoonosis.
“Pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan bisa dilakukan dengan pengawasan lalu lintas ternak, vaksinasi, pengobatan ternak, surveilans penyakit ternak dan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit melalui poster, leaflet dan media audio seperti RRI,” ucap Kadis Umbu Niko.
Sasaran pelayanan kesehatan hewan terpadu tersebar secara merata di 69 Desa dan 12 Kelurahan. Sasaran vaksin adalah ternak yang sehat, tidak sedang bunting dan tidak hendak dipotong atau dikonsumsi.
Mungkin gambar hewan dan luar ruangan
“Untuk Kabupaten Belu, vaksin dilakukan secara gratis untuk penyakit SE (ternak sapi, babi dan kerbau). Penyakit hog cholera (ternak babi) dan penyakit brucellosis (ternak sapi). Untuk vaksin unggas berbayar sebagai target PAD, tetap merujuk Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010. Hingga saat ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Belu ikut menyumbang PAD melalui pelayanan kesehatan hewan,” katanya.
Kadis Umbu Niko menerangkan, target vaksin tahun 2021 untuk penyakit Septicaemia Epizootica (SE) sebanyak 70.000 dosis, penyakit Hog Cholera sebanyak 10.000 dosis dan penyakit Brucellosis sebanyak 3.750 dosis.
Mungkin gambar 1 orang, berdiri, hewan, luar ruangan dan pohon
Terwujudnya status kesehatan hewan yang optimal merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberhasilan program pembangunan sub sektor peternakan, dengan terus berkomitmen dalam hal pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan.
“Kita harap agar peternak di wilayah perbatasan RI-RDTL dapat memanfaatkan program vaksinansi. Mengingat ternak yang sudah di vaksin akan terbentuk herd immunity minimal sebesar 70 persen, dengan demikian ternak di Kabupaten Belu akan semakin meningkat dan terhindar dari ancaman penyakit dan kematian yang tinggi. Hingga saat ini, peningkatan pelayanan kesehatan hewan modern, maju dan efektif serta efesien terus diupayakan. Salah satu capaian yang signifikan yakni bebasnya Belu dari penyakit Brucellosis (penyakit ternak menular yang bersifat zoonosa),” tutup Kadis Umbu Niko.
Berita/Foto: Team Disnakkeswan
Editor: Eli Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.