USKUP ATAMBUA PIMPIN PERAYAAN MISA SYUKUR 50 TAHUN PAROKI ST. ANTONIUS PADUA NELA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Minggu (13/06), Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr didampingi Imam Konselebran memimpin Perayaan Misa Yubelium 50 Tahun Paroki Santo Antonius Padua Nela, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid – 19. Perayaan Misa Syukur 50 Tahun Paroki Santo Antonius Padua Nela mengusung tema Menumbuh Kembangkan Kerajaan Allah dan Tema Umum ” Dengan Yubelium Emas Paroki, Kita Kobarkan Semangat Iman di dalam Hidup Menggereja dan Menyukseskan Pembangunan Gereja Santo Antonius Padua Nela.”
Mungkin gambar satu orang atau lebih
Dalam kothbah Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr menyampaikan bahwa dalam Perayaan Yubelium 50 Tahun Paroki Santo Antonius Padua Nela, kiranya memberi kesempatan kepada umat Allah untuk merenungkan tentang rahasia kehadiran Allah didalam hidup yang diturunkan ketatanan konkret rahasia pertumbuhan dan perkembangan.
” Saudara dan saudariku tidak kebetulan Tuhan kita Yesus Kristus guru kehidupan memberikan perumpamaan tentang benih. Petani boleh siapkan benih yang paling baik, boleh siapkan lahan yang paling baik, boleh siapkan pengolahan yang paling baik dan juga boleh mengikuti segala ketatanan untuk menanam dan seterusnya akan tetapi satu yang tidak bisa dijaminkan oleh Petani adalah Pertumbuhan. Tuhan kita Yesus Kristus menggunakan kekuatan ini untuk persis menghubungkan rahasia pertumbuhan itu dengan rahasia kerajaan Allah atau rahasia kehadiran Allah didalam kehidupan umat-Nya,” tandas Uskup Atambua dalam kotbahnya dihadapan umat.
Lebih Lanjut dikatakan Uskup, Benih apapun selalu bermula dari yang kecil, salah satu pohon yang mempunyai pertumbuhan yang mengagumkan adalah pohon yang dinamakan pohon Sesawi atau pohon Sinapsis. Pohon ini subur meskipun di musim panas. Untuk itu, pohon ini mengajarkan kepada umat untuk berbicara tentang rahasia kerajaan Allah. Yang seringkali tidak nampak tetapi membutuhkan proses untuk bertumbuh, berkembang dan nantinya berhasil menjadi pohon yang besar dimana burung – burung datang bersarang didalamnya.
Mungkin gambar satu orang atau lebih dan orang berdiri
Perkembangan gereja adalah perkembangan masuknya bangsa – bangsa kedalam panggilan untuk menjadi pengikut Kristus. Kalau umat merenungkan rahasia kerajaan Allah, umat menemukannya didalam rahasia pewartaan hidup atau karya wafat- Nya Kristus, rahasia kebangkitan Kristus sebagai rahasia pertumbuhan kerajaan Allah.
” Jika Benih ditaburkan, dipelihara, diperhatikan dan diperlakukan dengan baik lalu dipanen untuk menghasilkan. Itulah rahasia pertumbuhan kerajaan Allah. Yesus yang datang sebagai manusia kemudian berkarya sepanjang tahun – tahun kehidupan-Nya dan lalu mengakhiri hidup-Nya dengan kematian dan memahkotai-Nya dengan kebangkitan, itulah rahasia pertumbuhan kerajaan Allah yang menjadi rahasia perjalanan kita,” ungkapnya.
Mungkin gambar satu orang atau lebih dan orang berdiri
Sementara itu, Pastor Paroki Santo Antonius Padua Nela – Pater Ireneus Boli Lolan, SVD menyampaikan syukur dan kegembiraan yang dirayakan harus membawa umat untuk lebih mengenal diri sendiri.
“Sesungguhnya perayaan hari ini menyadarkan umat akan kebaikan Tuhan yang ditunjukan kepada pelindung Paroki Nela Santo Antonius, berkat kekuatan Santo Antonius Padua telah memanggil dan mempersatukan sehingga hari ini bisa merayakan Pesta 50 Tahun,” Ucap pastor.
Pater mengajak seluruh Umat untuk melihat perjalanan waktu memasuki usia 50 Tahun setidak-tidaknya umat Paroki Nela dapat bertanya apakah usia 50 Tahun sungguh-sungguh membawa kedewasaan didalam hidup iman masing- masing.
Mungkin gambar dalam ruangan
” Perayaan hari ini seharusnya menyadarkan kita akan semangat hidup kita yakni semangat hidup menggereja dan semangat hidup kita didalam masyarakat, kita bersyukur dan bergembira pada hari ini namun satu tantangan kita perlu mematangkan mendewasakan hidup Iman kita didalam kehidupan menggereja dan masyarakat, kita bersyukur dan bergembira namun tetap memperhatikan protokol Kesehatan Covid-19,” ujar Pater.
Sebelum puncak Perayaan Misa pada hari ini, panitia menyelenggarakan berbagai kegiatan menyongsong perayaan 50 Tahun berdirinya Paroki Santo Antonius Padua Nela diantaranya Lomba membaca Kitab Suci, Lomba bermazmur, Lomba Vokal Grup, Seminar dan Launching Buku Santo Antonius Padua dan Novena Agung Santo Antonius Padua selama sembilan Hari.
Berita: Ria & Norcy
Foto: Jun
Video: Jhon
Editor: Elias Mali
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.