KUNKER KETUA DEKRANASDA KABUPATEN BELU KE KELOMPOK TENUN IKAT GELOBABA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (26/05), Ketua Dekranasda sekaligus sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belu – Dra. Freni Indriani Yanuarika dan Wakil Ketua – Rinawati Br Perangin Angin, SE, MM, bersama rombongan melakukan Kunjungan Kerja ke Kelompok Tenun Ikat Gelobaba bertempat di Rumah Adat Beyleto Kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu, Selasa, (25/05).
Mungkin gambar 1 orang, duduk, berdiri, pohon dan luar ruangan
Saat tiba di lokasi Rumah Adat Beyleto, Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda /TP PKK Kabupaten Belu disambut Ketua Kelompok Tenun Ikat Gelobaba – Yuliana Yanti Yana Mau dengan pengalungan selendang.
Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belu – Yasinta Rinjani Bria, A.Pi, M.Si, Sekretaris Dinas PD dan KB Kabupaten Belu – drg. Ansila E. Muti, Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindag Kabupaten Belu– Erni Ganggas, SH.
Ketua Dekranasda/ TP PKK Kabupaten Belu – Dra. Freni Indriani Yanuarika dalam sambutan menyampaikan terimakasih kepada kelompok tenun Gelobaba yang sudah menerima rombongan Dekranasda Belu sekaligus melihat langsung kondisi dan permasalahan yang dialami kelompok tenun dalam meningkatkan mutu dan hasil tenunan kelompok yang ada.
Mungkin gambar 1 orang dan duduk
” Pertama tama kami ucapkan terima kasih kepada kelompok tenun ikat Gelobaba yang sudah bersedia menerima kami di tempat ini untuk melakukan tatap muka yang pertama kali, sekaligus secara langsung ingin melihat pokok permasalahan yang dihadapi dalam bertenun sehingga akan diberikan bimbingan kepada kelompok masing-masing agar ibu-ibu yang bertenun bisa lebih giat, semangat serta lebih profesional dalam bekerja dan mendapatkan hasil tenunan yang berkualitas sehingga apabila dipasarkan akan memperoleh harga yang tinggi yang tentunya akan membantu kebutuhan ekonomi dalam keluarga,” ungkapnya.
Lebih lanjut dirinya juga mengatakan kami siap mendengarkan keluhan-keluhan dari kelompok tenun, apa yang menjadi hambatan-hambatan dalam bertenun sehingga kita bisa mencarikan jalan keluar bersama untuk diselesaikan sehingga tenun Belu tetap dipertahankan dengan motif orang Belu.
Mungkin closeup satu orang atau lebih dan orang berdiri
Pada tempat yang sama, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK/Dekranasda Kabupaten Belu – Rinawati Br Perangin Angin, SE, MM mengatakan, kami ucapkan terima kasih banyak karena atas perjuangan kita bersama sehingga pada kesempatan ini kami bisa berada bersama-sama dengan ibu-ibu kelompok tenun di tempat ini.
Kita semua perlu mengetahui bahwa tenun ikat merupakan budaya kita bersama karena di tenun ikat terdapat goresan-goresan yang ada maknanya sehingga harus kita lestarikan. Sudah ada dinas atau badan yang mau membuat itu sehingga orang luar bisa tahu bahwa motif orang Belu ada maknanya.
Lebih lanjut ia mengatakan bahwa kendala-kendala pemasaran yang dihadapi menjadi tugas kami untuk mencari jalan keluar sehingga apa yang direncanakan untuk pemasaran bisa terlaksana. Kalau sudah dipasarkan kelompok ibu tenun siap untuk di bimbing karena kain yang mau dipasarkan keluar, kualitasnya harus bagus mulai dari tarikan, pukulannya dan warnanya tidak boleh pudar serta ukurannya harus memenuhi standar.
Mungkin gambar 1 orang, berdiri dan luar ruangan
Sementara itu, Ketua Kelompok Tenun Ikat Gelobaba – Yuliana Yanti Yana Mau dalam keterangannya mengatakan bahwa Kelompok Tenun Ikat Gelobaba dibentuk sejak bulan Januari 2021, beranggotakan sebanyak 20 orang yang kesehariannya bekerja sebagai Ibu rumah Tangga.
“ Jumlah anggota kelompok tenun ikat kami sebanyak 20 orang, kami semua adalah ibu rumah tangga yang mana setelah selesai mengurus pekerjaan rumah tangga kami masing-masing, kami melanjutkan dengan menenun. Oleh karena itu, kami semua berharap agar Pemerintah Kabupaten Belu dapat membantu kami berupa alat untuk mencelup benang serta tempat untuk memasarkan kain tenun kami, sehingga hasil tenun kami dapat di perjual belikan kepada masyarakat dengan harga yang layak”, ujar Ketua Kelompok Tenun Ikat Gelobaba.
Usai melakukan kunjungan ke Kelompok Tenun Ikat Gelobaba, Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda/TP PKK Kabupaten Belu bersama rombongan berkunjung ke Sanggar Tenun Ikat Nudupu Kuneru, Kelurahan Manumutin.
Berita: NOVITA BOGAR & DORA MARIA
Foto: SIPRI LUMA
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.