SMK PUSAT KEUNGGULAN SESUAI KEBUTUHAN INDUSTRI DUNIA KERJA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (04/12), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Katolik Kusuma Atambua mengadakan Workshop Penyusunan dan Pelaksanaan Komitmen IDUKA untuk rekrutmen dan penyaluran lulusan bersama, SMK COE ( Central Of Excellence ) SMK Katolik Kusuma Atambua Tahun 2020.
Workshop yang diselenggarakan di Aula SMK Kusuma, Raibasin Kecamatan Tasifeto Timur ini dalam rangka pelaksanaan kebijakan penjamin mutu, untuk penyusunan Program PKL bersama Industri Dunia Kerja (IDUKA) serta Komitmen Iduka untuk perekrutan tenaga Lulusan SMK dan meminta kepada setiap pihak untuk memberikan kontribusi positif bagi kelancaran pelaksanaan dan tercapaian tujuan bersama.
Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Menengah SMA/SMK pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur – Mathias M. Beeh, S. STP. Par, mengungkapkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur lewat bidang dikmen memberikan apresiasi kepada SMK Katolik Kusuma Atambua sebagai salah satu SMK Central Of Excellence di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
” Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur lewat bidang dikmen memberikan apresiasi kepada SMK Katolik Kusuma Atambua yang terpilih menjadi salah satu SMK Central Of Excellence di Provinsi Nusa Tenggara Timur, ini merupakan seleksi yang dilakukan dari kementerian dan tentunya di lihat dari mutunya dan bagaimana daya saing sekolah dalam menghasilkan lulusan yang siap bekerja. Kita berbangga oleh karena Kementerian memilih SMK Katolik Kusuma Atambua menjadi salah satu SMK perwakilan di Nusa Tenggara Timur sabagai SMK Central Of Excellence (CoE),” ungkapnya.
Lanjutnya, terkait aktivitas baik itu penyusunan kurikulum maupun bagaimana mengajak industri untuk secara bersama-sama berkolaborasi dan memberi perhatian kepada lulusan yang tentu diharapkan bisa kompeten dan mengisi dunia usaha dan dunia industri, kita berharap agar seluruh proses pembelajaran yang ada di SMK Katolik Kusuma Atambua ini bisa membuahkan sebuah mutu yang pada akhirnya bisa ikut memberikan kontribusi kepada penyerapan tenaga kerja menengah di dunia usaha industri. Satu hal kita juga harus berbangga, oleh karena SMK ini dengan dukungan penetapan sebagai Central Of Excellence memberikan sebuah wajah yang baru yang baik bagi SMK disekitar Kabupaten Belu pada khususnya dan di Nusa Tenggara Timur pada umumnya, untuk memberikan contoh dan model untuk bagaimana para lulusan dilatih dan memberikan kontribusi positif terkait dengan hasil produksi yang dihasilkan dari SMK Katolik Kusuma Atambua ini.
Dari kompetensi keahlian jurusan pariwisata merupakan salah satu jurusan yang sangat didorong kuat oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam hal ini Bapak Gubernur inginkan pariwisata menjadi Grand over untuk pergerakan ekonomi di Nusa Tenggara Timur. Dengan keberadaan jurusan ini diharapkan sumber daya manusia yang tercipta di sekolah ini ikut memberikan andil dalam menciptakan lapangan kerja dan mengisi dunia kerja di sektor pariwisata menjadi bertumbuh lebih baik.
Workshop ini diharapkan dapat memberikan informasi yang lengkap dan menyeluruh kepada semua pihak terutama para pendidik yang terlibat dalam kegiatan ini agar dapat berperan secara optimal bagi tercapainya hasil yang diharapkan.
Untuk dapat diketahui bersama bahwa SMK Katolik Kusuma Atambua telah melakukan MoU dengan pihak Industri Dunia Kerja dalam hal ini dari Perwakilan Timor Hotel dan Matahari Hotel untuk selanjutnya menjadi mitra kerja guna mendukung perkembangan SMK Katolik Kusuma Atambua menjadi salah satu sekolah model SMK Central Of Excellence (CoE) di Kabupaten Belu.
Foto/Berita: Hengky Mao
Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.