KUNKER BUPATI BELU DI DESA LEOSAMA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (21/9), Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH bersama Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Leosama, Kecamatan Kakuluk Mesak, Jumat (18/09).
Kedatangan Bupati Belu bersama rombongan disambut masyarakat Desa Leosama dengan pengalungan tais adat diiringi tarian likurai menuju halaman Kantor Desa tempat berlangsungnya acara tatap muka Bupati Belu bersama rombongan dengan tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Leosama.
Kegiatan ini dilakukan selain untuk mengoptimalkan program pemerintah juga untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait kebutuhan yang ada di desa dari berbagai bidang dan upaya Bupati bersama rombongan untuk lebih dekat dengan masyarakat.
Pada kunker ini, masyarakat menyampaikan berbagai persoalan maupun kendala kepada Bupati Belu diantaranya belum memiliki dokumen kependudukan secara lengkap seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Lahir dan Kartu keluarga (KK). Selain itu, masyarakat juga menyampaikan persoalan Air Baku, Akses Jembatan, Listrik dan Rumah Layak Huni.
Menanggapi persoalan dan keluhan yang dihadapi masyarakat dari berbagai bidang, dalam kesempatan tersebut, Bupati menjelaskan, pemerintah akan mencatat semua usulan dari masyarakat dan akan dimasukan dalam program pada tahun – tahun mendatang.
Sesuai laporan bahwa masih ada warga yang belum memiliki dokumen kependudukan, Bupati meminta kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Belu untuk segera membawa peralatan guna melakukan pelayanan di Desa Leosama sehingga masyarakat bisa secara langsung mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan.
Permasalahan akan kebutuhan air baku, pemerintah akan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat menggunakan tangki di setiap dusun, sehingga tidak ada kendala saat mobil tangki dari pemerintah mendistribusikan air minum. Selain itu, Pemerintah Kabupaten juga sudah melakukan koordinasi dengan Camat dan Kepala Desa untuk membangun penjernih air, sehingga tahun depan air dari Bendungan Rotiklot sudah bisa digunakan. Untuk itu, Bupati meminta kepada masyarakat Desa Leosama untuk membentuk Kelompok Tani sehingga ke depan bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk ditanami pelbagai tanaman holtikultura guna meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.
Sementara itu, keluhan masyarakat terkait akses jembatan dari Dusun Korbau menuju Koramil, Bupati Willy menjelaskan akan ditindaklanjuti pemerintah yang didahului survei. Survei dilakukan guna mengetahui volume hingga pengalokasian anggaran.
Untuk Jaringan listrik, pemerintah akan mengkomunikasikan dengan pihak PLN Cabang Atambua agar memperhatikan jaringan listrik di dusun – dusun yang belum ada jaringan listrik.
Masih ada warga sebanyak 100 KK yang memiliki Rumah Tidak Layak Huni, Bupati menjelaskan bahwa, pihaknya sudah bertemu dengan Menteri PUPR dengan memberikan dua solusi, yakni peningkatan kualitas sebesar Rp.17.500.000,- / rumah atau bangun baru. Untuk itu, Bupati meminta menyiapkan satu kawasan kurang lebih 100 KK.
“Harga rumah 150 juta. 50 juta ditanggung oleh pemerintah dan sisa 100 juta bisa dicicil dengan fasilitas listrik dan air yang bisa ditarik dari rumah ke rumah,” ucapnya.
Diakhir arahannya, Bupati Willy meminta kepada Camat dan Kepala Desa harus kreatif dan inovatif serta mempunyai inisiatif untuk membuat hal – hal baru, agar setelah lima tahun yang akan datang akan ada perubahan yang signifikan bagi masyarakat di desa.
Untuk diketahui, Desa Leosama memiliki luas wilayah 37,5 km², dengan jumlah penduduk sebanyak 1.488 jiwa dengan rincian laki – laki 753 jiwa dan perempuan 735 jiwa dengan jumlak KK sebanyak 338 KK. Mayoritas penduduk sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Dengan adanya Covid-19 seluruh kegiatan yang direncanaakan pada APBDes T.A.2020 mengalami perubahan dan difokuskan pada 3 hal, yakni pencegahan dan penanganan Virus Corona, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT-DD). Jumlak KK yang mendapatkan bantuan sosial, BLT-DD 165 KK, BST 60 KK, PKH 104 KK.
Berita/Foto: Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.