WABUP BELU HADIRI DEKLARASI SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB.BELU- Jumat(18/09), Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan menghadiri Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) bertempat di Kantor Desa Tialai, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupate Belu, pada hari Selasa (15/09).
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengatakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah salah satu program dalam upaya untuk meningkatkan kebersihan dengan melibatkan Pemerintah Daerah, bersama perangkat desa untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Deklarasi dengan mengucapkan janji-janji untuk hidup bersih karena bersih itu bagian dari iman adalah untuk kepentingan diri, pribadi dan lingkungan kita masing-masing.
‘’ Saat ini kita masih dalam suasana covid-19 dan kita wajib memakai masker saat berpergian dan rajin cuci tangan. Diharapkan agar seluruh masyarakat bersama Kepala Desa harus mempertahankan kebersihan, kerena bersih itu bagian dari kehidupan yang harus di jaga serta di lakukan dan harus menjadikan desa sebagai Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat,’’ ucap Wabup Belu.
Sementara itu, Pimpinan Yayasan Pijar Timur Indonesia – Vincent Kiabeda mengatakan Yayasan Pijar Timur Indonesia hanya membantu mendampinggi masyarakat agar mendapat dukungan dari Pemerintah Desa, Kecamatan serta Kabupaten, dengan harapan agar sanitasi total berbasis masyarakat ini dapat mencegah stunting.
“ Kami dari yayasan sifatnya hanya sebagai pendamping saja, sehingga peran serta Kepala Desa dan masyarakat sangat diperlukan agar kegiatan ini bisa sukses,” ujar Vincent.
Terkait kegiatan deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ini Kepala Desa Tialai – Yoseph Luan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga dirinya bersama masyarakat akan melaksanakan janji yang diucapkan dalam deklarasi tersebut dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang air di sembarangan tempat.
Menurut Kades Yoseph setelah deklarasi akan ada juga kegiatan – kegiatan lain yang di lakukan yakni penyerahan kunci balai pelatihan sanggar budaya dan kunci rumah tuntas siap masuk untuk Masyarakat sebanyak 6 unit rumah layak huni.
‘’ Setiap masyarakat harus mempunyai wc serta harus menyiapkan tempat cuci tangan di masing-masing rumah. Karena sanitasi berbasis masyarakat ini terkait dengan kesehatan masyarakat,’’ Ungkap Kades Tialai.
Usai kegiatan deklarasi, Wakil Bupati Belu menyerahkan piagam dan prasasti kepada Kepala Desa Tialai dan di lanjutkan dengan pengguntingan pita serta penyerahan kunci rumah layak huni kepada 6 orang masyarakat.
Berita/Foto: Auxiladora & Jhon Dasilva

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.