DINKES BELU GELAR KIE KEAMANAN PANGAN TAHAP II BAGI MASYARAKAT

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (25/8), Dinas Kesehatan Kabupaten Belu menggelar kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi ( KIE) Keamanan Pangan Tahap II Bagi Masyarakat Kabupaten Belu di Kecamatan Kota Atambua.
Kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Katholik Kusuma Atambua ini, dibuka Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu – dr. Joice M. Manek, dan Kepala Seksi Infokom Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang – Drs. Yosep Nahak, Apt., M.Kes.
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan KIE ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat agar dapat melindungi dirinya dari makanan yang tidak memenuhi ketentuan dan mengerti akan pentingnya keamanan pangan yang akan dikonsumsi.
Kegiatan KIE keamanan pangan ini dibagi dalam tiga tahap yakni, tahap I dilakukan pada tanggal 9 Juli 2020 dengan sasaran 100 orang dari Kecamatan Atambua Selatan, tahap II dilaksanakan pada hari ini, Selasa 25 Agustus 2020 dan tahap III direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan sasaran 100 orang dari Kecamatan Atambua Barat.
Untuk Tahap kedua ini diprioritaskan kepada wilayah yang banyak memiliki sarana Industri Rumah Tangga Pangan ( IRTP ). Kegiatan ini dihadiri masyarakat pengusaha kecil dari Kecamatan Kota Atambua sebanyak 100 orang.
Dalam sambutannya, Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan menghimbau agar masyarakat memperhatikan keamanan pangan sebelum dikonsumsi. Harus dipahami, semua makanan yang dikonsumsi mempunyai racun sehingga tetap waspada dan hati-hati dalam mengkonsumsi pangan yang dibelanjakan di pasar maupun toko swalayan.
“Kita harus waspada terhadap semua jenis makanan yang kita beli di toko swalayan yang nantinya akan kita makan, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit. Saya juga berharap kita yang hadir disini dapat mendengarkan secara baik apa yang akan disampaikan oleh pemateri terkait dengan keamanan pangan,” ujar Wabup Ose Luan.
Diakhir sambutannya, Wabup Ose mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bekerja sama mengawasi dan menjamin ketahanan pangan dan konsumsi demi terciptanya masyarakat Kabupaten Belu yang sehat dan berkualitas.
“Bagi pelaku industri rumah tangga pangan diharapkan untuk selalu memperhatikan keamanan dan kelayakan pangan yang dihasilkan sehingga produk yang dijual layak dikonsumsi,” harapnya.
Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Infokom Balai POM Kupang – Drs. Yosep Nahak, Apt., M.Kes, dengan materi Kebijakan Pengawasan Keamanan Pangan Di Indonesia dan Materi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Belu – Yuta Nahak, S.Farm., Apt, dengan materi terkait Peraturan Perundang – Undangan di Bidang Pangan.
Foto/Berita : Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.