KADIS P DAN K BUKA MUSYAWARAH GURU SMP/MTS RAYON 2 KAB. BELU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Minggu (16/08 ), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu – Jonisius R. Mali, SH membuka secara resmi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP/MTs Rayon 2 Kabupaten Belu, Jumat (14/08).
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGPM) se-Kota Atambua yang berlangsung di Aula SMPK Donbosco Atambua mengusung tema ” Profesional Dan Bermartabat Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Guru SMP/MTs di Kabupaten Belu” ini di ikuti oleh 18 Kepalah Sekolah dan 208 guru mata pelajaran.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu – Jonisius R. Mali, SH mengungkapkan pemerintah akan selalu mendorong untuk selalu mengadakan musyawarah ini terutama kepada para kepala sekolah dan para guru mata pelajaran.
” Untuk satuan pendidikan baik SD, SMP/ MTs memiliki forum – forum guru. Untuk Sekolah Dasar yakni K3S dan untuk SMP/MTs Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) disini merupakan tempat untuk mereka berkumpul, berdiskusi berbagai hal yang berkaitan langsung dengan pendidikan,” ungkap Kadis P dan K
Lanjut Kadis Pertemuan hari ini bersama para kepala sekolah dan para guru mata pelajaran dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) yang bernaung dibawah Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS ). Kegiatan ini secara rutin dilakukan agar para guru mata pelajaran dapat berdiskusi terkait dengan mata pelajaran. Kegiatan ini juga sebagai suatu langkah dalam peningkatan kompetensi, kualitas dan profesionalitas guru terutama guru mata pelajaran.
” Pemerintah akan selalu mendorong untuk selalu rutin mengadakan kegiatan seperti ini oleh karena tugas pemerintah daerah adalah memfasilitasi kegiatan untuk mendorong kualitas, kapasitas, kompetensi, dan profesionalitas guru. Lewat kegiatan ini kita harapkan adanya pemerataan kemampuan dimana para guru yang senior dapat mensharingkan dan berbagi pengalaman dalam bidang pendidikan dan pengetahuan, dengan demikian bisa terjadi Transformasi pengetahuan di antara mereka para guru,” tegas kadis.
Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP/MTs Kabupaten Belu – Agustina Asa, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu dan para kepala sekolah yang telah bekerja sama dengan baik sehingga musyawarah ini dapat berjalan dengan baik.
” Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta rekan – rekan kepala sekolah yang telah mendukung sehingga program ini dapat berjalan dengan baik sesuai rencana kerja Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah yang sudah ada sejak tahun 2019, dan baru terlaksana di tahun 2020,” ucapnya ketua MKKS.
Terlaksananya program ini karena adanya partisipasi setiap kepala sekolah secara khusus sudah menganggarkan lewat dana BOS untuk sepuluh guru mata pelajaran agar mereka dapat mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ini, di tingkat kabupaten ada tiga rayon yakni rayon pertama Manuaman Lakaan, rayon kedua Kota Atambua dan sekitarnya, pada rayon dua ini terdapat 19 sekolah yang di undang namun yang hadir hanya 18 Kepala Sekolah dan dan tiap sekolahnya 10 orang guru mata pelajaran.
” Kegiatan ini kita laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas guru Mata Pelajaran dan hari inipun para guru Mapel akan membentuk kepengurusan yang baru dan dan menyusun AD/ART, dan selanjutnya menyusun program kerja untuk satu tahun atau program jangka pendek setelah itu menyusun program kerja jangka panjang untuk empat tahun kedepannya,” jelasnya.
Diharapkannya semoga kepengurusan yang terbentuk dapat melanjutkan apa yang telah ditetapkan bersama dalam satu program yang betul-betul didukung dengan situasi dan kondisi yang baik terutama anggaran yang cukup untuk melanjutkan program ini. Untuk rekan – rekan guru mata pelajaran diharapkan agar lebih semangat terutama dalam memotivasi diri demi perkembangan pendidikan generasi muda di Kabupaten Belu pada khususnya dikota Atambua dan sekitarnya.
Untuk diketahui dalam pertemuan ini Pemateri Pertama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Belu – Jonisius R. Mali, SH membawakan materi tentang ” kebijakan dan dukungan pemerintah daerah di bidang pendidikan dalam upaya pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan dasar di Kabupaten Belu”, Pemateri kedua Kepala Seksi Pembelajaran dan Kurikulum SMP/MTs – Fransisco Ramos, S.IP membawakan materi tentang “Penyederhanaan Kurikulum” Dan Pemateri ketiga – Aloysius Aton, S.Pd. Koordinator Pengawas Kab Belu, membawa materi tentang “selayang pandang SPMP, SNP, Dan SPM Dikdas”.
Berita/Foto: Hengki Mao & Domi Bitin

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.