BUPATI BELU KUKUHKAN FORMAPES TALAU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU—Jumat ( 14/08), Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH, mengukuhkan Forum Masyarakat Peduli Sungai Talau (FORMAPES) yang berlangsung di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua, ditandai dengan penyerahan bendera Formapes kepada Ketua Formapes Talau.
Melalui Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Satker Balai Wilayah Sungai, menggelar kegiatan Penatagunaan Sumber Daya Air dan Pengukuhan Forum Peduli Sungai Talau, dengan visinya yakni menciptakan lingkungan sungai Talau yang bersih, nyaman, indah, asri dan bermasa depan dan misinya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat hulu sampai hilir akan lingkungan sungai Talau serta mendorong dan memupuk pengelolaan maupun pemanfaatan serta pengembangan lingkungan sungai Talau dengan tujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan dengan mencegah pencemaran sungai sebagai tempat bermain dan belajar melalui peningkatan kapasitas SDM serta melestarikan kawasan pinggir sungai.
Pada kegiatan ini Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH mengukuhkan Ketua Pengurus dan anggota Forum Masyarakat Peduli Sungai (FORMAPES) Talau dan dihadiri oleh Kepala TU Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi NTT – Kris Lake, SE., MM, Kadis PU-PR Kab. Belu – Vincensius K. Laka, ST, Camat Atambua Selatan, Camat Tasifeto Barat Dan Camat Kota Atambua.
Dalam sambutannya Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH mengatakan pengukuhan Badan Pengurus Forum Masyarakat Peduli Sungai Talau dengan sejumlah kegiatan atau visi misi yang harus di emban, diharapkan dengan terbentuknya Forum Masyarakat Peduli Sungai Talau (FORMAPES) ini dapat mengembalikan fungsi sungai / kali Talau dan bisa memberikan sumbangsih pikiran, gagasan ide maupun tindakan untuk dapat kembalikan fungsi lingkungan atau ekosistem komunitas sungai.
Dengan terbentuknya Forum Mapes dan melibatkan dinas terkait seperti Dinas PU/PR dan tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua stakeholder serta masyarakat yang tinggal disepanjang daerah aliran sungai dari hulu sampai hilir ini diharapkan kelestarian sungai dapat berfungsi sebagai sumber daya air yang sehat dan bermanfaat untuk sumber air bersih bagi kelangsungan hidup, serta mendorong terbentuknya perilaku masyarakat yang ramah lingkungan atau tidak menjadikan kali atau sungai sebagai tempat pembuangan akhir sampah.
Bupati juga menambahkan dengan mendorong gerakan revitalisasi sungai ini masyarakat diharapkan untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan serta menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di sepanjang daerah aliran sungai yang ada sehingga kita terbebas dari bencana erosi dan longsor.

Kepala Tata Usaha Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi NTT – Kris Lake, SE., MM, mengatakan telah kita saksikan bersama acara pengukuhan forum masyarakat peduli sungai oleh Bupati Belu. DAS adalah suatu wilayah daratan yang merupakan satu kesatuan dengan sungai dan anakan sungai yang berfungsi menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke laut.
Selain itu DAS juga merupakan sumber air permukaan bisa dimanfaatkan selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, peternakan, pertanian maupun untuk kegiatan usaha lainnya, namun DAS banyak kita jumpai saat ini dengan kondisi yang tidak stabil atau dengan kata lain menimbulkan bebagai persoalan seperti erosi, longsor bahkan kondisi kali atau sungai yang sangat buruk.
Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai kadang menjadi korban dari bencana –bencana tersebut. Diharapkan dengan dibentuk dan dikukuhkannya Fomapes ini, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dapat menjalin kerjasama yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing serta akan memfasilitasi pembentukan komunitas atau forum masyarakat peduli sungai.
Selanjutnya akan dilakukan kegiatan aksi bersih sungai dengan melibatkan semua stakeholder dan masyarakat. Sehingga diharapkan semua masyarakat bersama stakeholder dapat berperan aktif dalam mendukung kegiatan ini.
Berita/Foto: Asih Mukti & Ichy Klau

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.