MAEK BAKO SALAH SATU POTENSI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (13/08), Dalam Kunjungan Kerja sehari Bupati Belu dan rombongan di Kecamatan Nanaet Duabasi, usai tatap muka dengan masyarakat Desa Nanaenoe, Bupati Belu dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja di Desa Fohoeka, pada hari Rabu (12/08).
Disamping banyaknya usulan untuk mengatasi sejumlah persoalan di Desa Fohoeka seperti air bersih, rumah layak huni dan akses jalan desa serta ancaman bencana alam menjadi topik penting dalam tatap muka aparat desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama dengan Bupati Belu bersama sejumlah pimpinan OPD terkait yang hadir.
Dalam arahan Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH menekankan perlunya mengoptimalkan potensi yang ada dengan alokasi anggaran secara bertahap sesuai kewenangan masing – masing dan harus bersinergi antara pemerintah kabupaten dan pemerintah desa sesuai kemampuan keuangan yang tersedia.
Bupati Belu menambahkan agar masyarakat Desa Fohoeka menanam Maek bako sebagai salah satu potensi yang luar biasa bila dibudidayakan secara benar dan tepat.
” Perluasan lahan untuk budidaya maek bako sebagai salah potensi yang akan menghasilkan pendapatan besar bagi masyarakat bila ditanam secara benar dan dalam jumlah yang banyak. Dengan luas lahan sekitar satu hektar bisa ditanami 10.000 hingga 20.000 pohon maek bako. Apabila dibudidayakan sesuai jangka waktu panen dan dirawat dengan benar akan menghasilkan uang puluhan juta rupiah. Sehingga Maek bako menjadi salah satu potensi ekonomi yang luar biasa,” jelas Bupati Willy.
Disamping itu, untuk menunjang potensi Pariwisata di Desa Fohoeka perlu di kembangkan usaha kuliner, kerajinan tangan dan potensi lainnya karena Gereja Laktutus menjadi salah satu destinasi wisata walaupun masih wisatawan domestik saat ini.
Bupati Belu juga mengapresiasi dan memuji salah satu hasil pertanian daun Singkong dari Desa Fohoeka menjadi yang terbaik nomor satu dengan cita rasanya. Sehingga populasi tanaman Singkong perlu diperhatikan dan tetap dibudidayakan bahkan lebih ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal kita.
Berita/Foto: Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.