KUNKER DI DESA DUARATO WABUP TEKANKAN PENGUATAN KAPASITAS DALAM BERPEMERINTAHAN

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU– Jumat (31/07) Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan bersama Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Belu melakukan Kunjungan Kerja dalam rangka Penguatan Kapasitas Berpemerintahan di Desa Duarato, Desa Desa Fulur dan Desa Leowalu Kecamatan Lamaknen, Kamis (30/07). Kunjungan Kerja Wakil Bupati Belu bersama Pimpinan OPD untuk 3 desa tersebut dipusatkan di Aula Kantor Desa Duarato, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu.
Kepala Desa Duarato – Gregorius Mau Bere dalam laporan awal mengatakan kehadiran Bapak Wakil Bupati Belu bersama rombongan ini merupakan salah satu wujud kepedulian bagi kami masyarakat 3 desa ini.
Desa Duarato secara geografis memiliki wilayah bukit yang terjal berbatasan dengan Desa Kewar dan Fulur serta Desa Leowalu. Jumlah penduduk Desa Duarato 562 jiwa, jumlah KK 137, yang terima BLT tahun ini tahap 1 bln pertama 14 KK dan tahap 2 dan 3 sebanyak 16 KK, PKH 37 KK, BST 17 KK, BPNT 11 KK dan ketambahan PKH dari Dinsos 7 KK, jadi keseluruhan KK semuanya mendapat bantuan dari pemerintah.
Sebagai informasi dari 137 KK, 90 persen penduduk di Desa Duarato adalah petani, pensiunan PNS 2, Veteran 21 KK dan PNS aktif KK 4 KK, anggaran dana desa tahun ini ada 42. 200.000 untuk tahap 1 dan 2 BLT, belanja alat pelindung diri dan obat -obatan 15.000.000, dan untuk rumah layak huni sebanyak 10 unit dan rata -rata sudah fondasi, slip dasar, 28 unit meteran listrik untuk KK yang tidak mampu. Dan semua kegiatan non fisik di hapus untuk penanganan Covid-19.
Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengatakan untuk mengahadapi Covid -19 dengan menggunakan senjata adalah memakai masker dan rajin mencuci tangan, hal ini menjadi tugas kita di jaman ini untuk terus mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
Wakil Bupati menambahkan bahwa kedatangannya ini merupakan kunjungan kerja dalam rangka penguatan kapasitas berpemerintahan dilihat dari aspek mental, sikap dan lain sebagainya. Bentuk pengabdian itu seperti membuat sarana prasarana kesehatan, membangun sekolah, bangun embung dan bangun jalan, jembatan dan itu merupakan bentuk pengabdian yang riil dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Menjadi pemimpin yang baik itu harus bisa mengayomi dan melayani dengan hati dimana menjadi acuan dalam melaksanakan segala sesuatu harus sesuai dengan aturan dan menanamkan nilai – nilai yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang, pintanya.
Dalam kunjungan kerja Wakil Bupati Belu ke Desa Duarato didampingi sejumlah pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Belu, Camat Lamaknen, Kepala Desa Duarato, Kepala Desa Fulur dan Kepala Desa Leowalu.
Berita/Foto: Asih Mukti & Bene Luan

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.