BUPATI BELU LAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE DESA DEBULULIK DAN SISI FATUBERAL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Senin (27/07) Bupati Belu -Wilybrodus Lay, SH Melakukan Kunjungan Kerja Ke Desa Debululik Kecamatan Lamaknen Selatan. Kunjungan dan tatap muka Bupati Belu dan segenap pimpinan OPD terkait bersama masyarakat Desa Debululik dan Desa Sisi Fatuberal ini untuk mendengar secara langsung hal-hal yang di butuhkan masyarakat di berbagai Bidang.

Dalam kunjungan kerja Jumat, 24 Juli 2020 ini Bupati Belu didampingi Anggota DPRD Kab. Belu – Fransiskus Zaka, Pimpinan OPD terkait, dan Camat Lamaknen Selatan.

Kepala Desa Debululik – Oktovianus Bau Mau mengatakan Desa Debululik adalah pemekaran dari Desa Nualain dengan luas wilayah 12 KM yang di bagi dalam dua bidang yakni Peternakan dan Pertanian. Khususnya peternakan yang telah di pagari kawat serikat sepanjang 6 kilometer melalui anggaran Dana Desa Tahun anggaran 2017 -2018. Diantara Bidang pertanian dan peternakan di percayalan kepada Lembaga Adat dan para Kapitan Makleat dan Para Vetor yang ada di desa Debululik untuk menjaga.

Kepala Desa menambahkan Di Bidang Pemberdayaan masyarakat desa Debululik akan mengadakan bibit Maek Bako sebanyak 1032kg karena merupakan salah satu Komuditi Unggulan di Desa Debululik, dan anakan kelor sebanyak 3680 anakan. Desa menambahkan untuk tanaman Holtikultura Desa Debululik meiliki potensi seperti Kacang tanah, Kacang hijau, bawang merah dan Bawang putih namum masih Kekurangan Bibit.

Untuk diketahui dalam Tahun anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pertanian Kabupaten Belu memberikan batuan bibit Maek Bako seluas 2 Ha dan telah ditanam, namun karena banyaknya permintaan masyarakat untuk menanam Maek Bako maka ditahun 2020 lewat dana ADD telah dianggarkan untuk pengadaan Bibit Maek Bako yang akan dibagi-bagikan kepada masyarakat.

Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH dalam sambutannya mengapresiasi Desa Debululik terkait pembagian wilayah untuk peternakan dan Pertanian. Terkait dengan pekerjaan peningkatan akses jalan yang tidak memadai sudah masuk dalam rencana namum adanya pandemi Covid maka pekerjaan program yang belum diselesaikan di tahun Anggaran 2020 akan di bawah ke tahun Anggaran 2021.

” Terkait dengan listrik, pihak PLN menjanjikan di tahun 2020 akan segera menyala khususnya di Desa Debululik,” ucapnya.

Pada Kesempatn itu Bupati mengaharapkan Desa Debululik Lebih cocok menjadi Desa Peternakan, karena sesuai dengan data desa Debululik jumlah sapi sebanyak 1075 ekor yang dimiliki oleh masyarakat. Bupati juga menambahkan Dinas Peternakan segera membuat program dan memberikan pelatihan manajemen pakan ternak untuk masyarakat Desa Debululik.

Pada Kesempatan itu juga Bupati Belu melakukan dialog bersama dengan masyarakat.
Usai melakukan kunjungan kerja di Desa Debululik Bupati Belu dan rombongan melanjutkan kunjungan kerja ke desa Sisi Fatuberal untuk mendapatkan masukan dari Kepala Desa dan masyarakat setempat terkait persoalan krusial yang mereka hadapi selama ini dan menyampaikan rencana dan program kerja pemerintah Kabupaten untuk Perubahan APBD tahun 2020 dan Anggaran murni Tahun Anggaran 2021 mendatang.

Foto/Berita: Ana Ukat & Okto Mali

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.