WABUP BELU SALURKAN BANTUAN JPS KELURAHAN FATUBENAO

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Sabtu (18/07), Sebagai upaya mengatasi dampak COVID–19, Pemerintah Kabupaten Belu menyalurkan Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi Warga Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua.
Terdapat 556 KPM di Kelurahan Fatubenao yang menerima bantuan JPS dan secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan kepada 5 perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu, bertempat di Aula Kantor Lurah Fatubenao.
Sebelum menyerahkan bantuan JPS tersebut, Wabup Belu disambut dengan pengalungan Kain Adat oleh perwakilan Warga Kelurahan setempat.
Dalam sambutan, Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan mengatakan bahwa pandemi COVID-19 sangat berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat khususnya pada bidang sosial ekonomi. Menindak hal itu, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi bahkan Pemerintah Kabupaten berkolaborasi dalam mengatasi dampak dari Pandemi COVID – 19 dengan menyiapkan anggaran, salah satunya adalah dana pemenuhan Bantuan JPS yang diambil dari dana APBD Kabupaten Belu.
“ Jadi, salah satu strategi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Belu dalam mengatasi dampak Covid 19 ini adalah dengan menyalurkan Dana JPS kepada Masyarakat yang terdampak Covid 19 dan sasaran bantuan JPS ini bagi masyarakat yang sama sekali belum mendapatkan bantuan baik itu, BST, Perluasan Sembako, PKH, BLT DD dan lainnya,” ujar Wabup Belu dihadapan masyarakat penerima manfaat Kelurahan Fatubenao.
Wabup dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa syukur karena saat ini, Kabupaten Belu masih tetap berada dalam zona hijau. Oleh karena itu, Wabup menghimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
“ Saya harapkan dalam beraktifitas diluar rumah seluruh masyarakat tetap memakai masker, mencuci tangan, bahkan menjaga jarak karena virus ini tidak kelihatan dan bisa mematikan,” imbuhnya.
Sebelumnya Lurah Fatubenao – Joseph Kaseng Laka, S.Sos melaporkan bahwa jumlah penduduk di Kelurahan Fatubenao sebanyak 10.011 Jiwa, Laki-laki 4.893 Jiwa, Perempuan 5.118 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 2.511 KK. Untuk penerima bantuan Covid-19 adalah dari Kementerian sosial, 46 KPM, Perluasan Sembako 138 KPM, BST 525 KK, dan bantuan PKH 374 KPM dan JPS sendiri sebanyak 546 KPM.
Lurah Fatubenao juga menambahkan keunggulan – keunggulan yang dimiliki Kelurahan Fatubenao adalah penghasilan tenun ikat terbaik, dan 6 kelompok tani yang aktif ikut menyumbangkan kebutuhan pangan di seputaran kota atambua dan selain itu ada 3 kelompok usaha mikro antara lain usaha kripik.
Sementara itu, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua – Fridolina M. M. Faturene, SE dalam sambutannya menyampaikan bantuan JPS sudah masuk didalam rekening tabunganku Bank NTT selama 3 Bulan dengan jumlah Rp.1.800.000,- KPM juga bisa menabung direkening tersebut karena rekening ini tanpa biaya administrasi bahkan ada bunga. Selain itu juga Bank NTT juga ada produk kredit baru untuk mengatasi masalah usaha yakni Kredit Merdeka dengan Bunga 0% namun dana yang disiapkan berjumlah Rp. 5.000.000,-.
“ Bagi KPM yang Penerima Manfaat agar jangan semua uangnya ditarik, tetapi disimpan sebagiannya dulu dan dipergunakan seperlu mungkin untuk pemenuhan kebutuhan keluarga,” tandas Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua.
Berita/Foto: Norci Man & Sipri Luma

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.