KUNKER WABUP BELU TANAM ANAKAN TOMAT SECARA SIMBOLIS

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Sabtu (18/07) Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan menanam secara simbolis tanaman holtikultura berupa anakan Tomat di lahan Kelompok Tani Klik Leon di Desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur, Kamis (16/07).
Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan dalam arahannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala Desa dan masyarakat Desa Dafala pada khususnya Kelompok Tani Klik Leon yang sudah menjadi contoh bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Belu dan telah mendukung pemerintah dalam mengembangkan tanaman holtikultura yang proses pengerjaannya sudah sangat moderen.
” Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Belu mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa yang mempunyai inovasi baru dalam bercocok tanam di lahan persawahan yang adalah sawah tadah hujan, dan kini ada kelompok tani yang membuat suatu terobosan baru menggunakan lahan persawahan untuk menanam tanaman holtikultura dengan gaya teknik pertanian modern,” ungkap Wakil Bupati Belu.
Wakil bupati Belu juga mengucapkan Terimakasih kepada PPL Desa Dafala dan pihak PT. Nufarm yang bersedia mendampingi kelompok tani Klik Leon sehingga lahan persawahan dapat digunakan sebagai lahan tanaman Tomat,
” Saya mengucapkan terimakasih kepada PPL Desa Dafala dan pihak PT. Nufarm yang bersedia mendampingi kelompok tani ini sehingga dari persiapan lahan hingga penanaman simbolis ini terlaksana dengan baik dan saya berharap agar pendamping ini terus berlanjut hingga pemanenan nanti,” ucapnya.
Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Dafala – Leonardus Kehi mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Belu yang telah bersedia hadir untuk penanaman anakan Tomat secara simbolis.
” Saya atas nama Pemerintah Desa Dafala mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Belu yang sudah bersedia datang ke lokasi kelompok tani Klik Leon untuk melakukan penanaman secara simbolis tanaman holtikultura berupa anakan Tomat,” ungkapnya.
” Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini dipersiapkan khusus untuk lokasi lahan pertanian dan pengerjaan bedeng ini dipersiapkan oleh kelompok tani Klik Leon sendiri dengan menggunakan hand traktor yang telah dipersiapkan kurang lebih sudah tiga minggu, setelah selesai persedian lahan dan bedeng ketua kelompok menghubungi pihak Pemerintah Desa untuk membantu mengadakan bibit, sehingga dari Pemerintah Desa dengan menggunakan APBDes untuk pengadaan bibit, mulsa dan obat-obatan untuk membantu kelompok tani ini.
Dikatakannya bahwa dalam tiga minggu kedepan ini akan ada lagi dari kelompok lain yang akan melakukan penanaman dan pihak Pemerintah Desa Dafala selalu siap untuk membantu kelompok – kelompok yang terbentuk dengan menyediakan dana dari APBDes untuk memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh kelompok itu, dan semua ini dapat berjalan dengan baik atas kerja sama dengan pihak PPL Desa Dafala dan pihak PT. Nufram, ” jelas Kades Dafala.
Sementara itu, PPL Desa Dafala – Dominggus Luan mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang oleh karena ada masyarakat yang berusaha untuk menanam tanaman holtikultura ini dengan jumlah yang besar.
” Saya merasa senang sekali mendapatkan seorang ketua kelompok yang selama ini berusaha untuk mengembangkan tanaman holtikultura, awalnya beliau hanya mencoba tanam Tomat dalam skala kecil namun setelah adanya dukungan dari pemerintah dirinya memulai penanaman secara besar-besaran. Melihat hal ini kami dari pihak PPL Desa Dafala berdiskusi dengan mereka untuk kita dampinggi sehingga saat ini mulai dari persiapan lahan seluas empat puluh are yang persiapan pekerjaannya kurang lebih tiga minggu dengan peralatan yang mereka miliki dan hari ini kita sudah memulai dengan penanaman perdana yang dilakukan oleh Wakil Bupati Belu, ” ungkapnya.
” Kami juga berterima kasih kepada Kepala Desa Dafala yang lewat koordinasi dan kerja sama yang baik sehingga Pemerintah Desa menggunakan dana desa untuk membantu kelompok tani Klik Leon dalam pengadaan bibit, plastik dan pupuk sehingga pengerjaan lahan ini dapat selesai dengan baik,” ucapnya.
Salah satu petugas dari PT. Nufram – Absamson Kase mengungkapkan bahwa PT. Nufarm ini bergerak di bidang pertanian terutama dalam program pencegahan hama penyakit pada tanaman pertanian terutama tanaman Holtikultura dan tanaman pertanian lainnya.
” Kami dari PT. Nufram bergerak dalam bidang pencegahan hama penyakit pada tanaman pertanian terutama tanaman Jagung, Padi dan juga tanaman holtikultura seperti Tomat yang sementara ini dikerjakan. Di Desa Dafala ini untuk hasil pertanian Holtikulturanya rata- rata kurang memuaskan oleh karena dalam satu tahun panennya cuma dua atau tiga kali sehingga kami dari PT. Nufram masuk ke Desa Dafala bekerja sama dengan PPL Desa Dafala dan kelompok tani untuk menerapkan teknologi sistem pemakaian mulsa untuk mengurangi rumput dan mengurangi hama yang berhubungan dengan penyakit yakni busuk daun, busuk buah, busuk batang bahkan sampai gagal panen. Jadi kehadiran kami disini untuk membantu para petani untuk bagaimana dapat mengerti dan memahami cara untuk mencegah hama penyakit yang ada pada tanaman ini.
Kami berharap kalau bisa kegiatan seperti ini dapat ditindaklanjuti oleh pihak pemerintah dalam melakukan program-program yang berhubungan dengan pertanian dan mari kita berdiskusi bersama agar kita daat membawa perubahan di Kabupaten Belu ini,” ajaknya.
Ketua Kelompok Klik Leon – Marselinus Moruk mengucapkan terimakasih kepada pihak Pemerintah Desa Dafala yang telah membantu dalam menganggarkan dana desa untuk pengadaan bibit dan plastik juga PPL Desa Dafala maupun Pihak PT. Nufram yang telah mendampingi kelompok tani Klik Leon.
” Saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Dafala yang mendukung kelompok kami dalam pengadaan bibit dan plastik untuk di dapat gunakan dalam penanaman ini, dan juga kepada PPL Desa Dafala maupun Pihak PT Nufram yang bersedia mendampingi kelompoknya dari persiapan lahan hingga penanaman. Saya berharap agar Pemerintah dapat membantu kelompok kami terutama dalam pengadaan motor air untuk memperlancar penyiraman tanaman pada lahan yang saat ini kami olah,” ungkap Ketua Kelompok Tani Klik Leon.
Berita/Foto : Tim Peliput

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.