DINAS PERPUSTAKAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BELU GELAR LOMBA CERITA RAKYAT TINGKAT SD KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (17/07), Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Belu menggelar Lomba Cerita Rakyat tingkat Sekolah dasar Kabupaten Belu berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, pada Rabu (15/07).
Bunda Paud Kabupaten Belu – Ludwina Viviawaty Ng Lay mengatakan lomba cerita rakyat ini sangat bermanfaat bagi siswa Sekolah Dasar sehingga dapat menumbuh kembangkan minat membaca sejak dini. Di era teknologi yang berkembang saat ini banyak anak yang menggunakan gadget, oleh karena itu bunda paud juga berpesan kepada siswa – siswi agar tidak hanya bermain Hp tetapi juga terus membaca Buku.
Bunda paud berharap agar budaya untuk membaca, budaya untuk menceritakan kembali sejarah akan tumbuh di generasi-generasi yang akan datang dengan meningkatkan Budaya membaca mulai dari sekarang.
Sementara itu, Sekretaris Panitia Penyelengara – Zelia L. Da costa, S.STP mengatakan tujuan diadakan lomba cerita rakyat ini untuk meningkatkan motivasi kecintaan dan kegemaran membaca khususnya peserta didik sekolah dasar, serta untuk menumbuh kembangkan minat baca siswa dalam lomba bercerita dengan membawakan judul cerita Legenda Kampung Komodo yang merupakan Judul Nasional.
Lebih lanjut, Zelia mengatakan lomba cerita rakyat ini merupakan kegiatan Nasional yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten /Kota dan Pemerintah Provinsi Se-Indonesia setiap tahunnya. Jadi pemenang lomba bercerita ini akan mewakili Kabupaten Belu ke tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur.
“ Pelaksanaan Lomba cerita rakyat telah dilakukan secara berjenjang dimulai seleksi dari tiap-tiap sekolah dasar Kabupaten Belu, dan kita mendapatkan empat terbaik dan pada hari ini dilaksanakan Final untuk menentukan juara pertama dan bisa mewakili Kabupaten Belu di tingkat Provinsi,” ujar Zelia.
Adapun Hasil Lomba cerita rakyat tingkat SD Kabupaten Belu tahun 2020, keluar sebagai Juara satu – Brigitha Stefania Tlonael dari SDK Fatubenao, juara dua – Ayudya Rosiana Temu dari SDK St. Angela, juara tiga – Susana Natasya Rona dari SDK St. Angela, dan Juara empat -Yoseph Amos G. Naibani dari SDK St. Angela.
Foto/Berita: Ana Ukat & Okto Mali

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.