BUPATI BELU MINTA SINKRONISASI PENYUSUNAN PERENCANAAN DESA PERBATASAN

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (10/7), Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH meminta agar Perangkat Desa dan Kelembagaan Desa proaktif menyampaikan usulan maupun gagasan kepada Pemerintah Kabupaten Belu agar dapat merumuskan pembangunan desa yang selaras dengan pembangunan daerah. Hal itu disampaikan Bupati Belu saat menghadiri Rembuk Desa se- Kecamatan Raihat tentang Sinkronisasi Pembangunan Daerah Perbatasan di Kecamatan Raihat Tahun 2020 dengan tema “ Penyegaran Tupoksi Perangkat Desa dan Kelembagaan Desa dalam mendukung Pembangunan Perbatasan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Raihat, bertempat di Obyek Wisata We Bot, Dusun Haekesak Desa Tohe.
Dikatakannya, penyusunan pembangunan daerah perbatasan merupakan sinergi antara pembangunan desa dengan program pembangunan Pemerintah Daerah. Karena itu, perangkat desa dan kelembagaan adat di daerah perbatasan yang paling dekat dengan masyarakat harus tingkatkan kapasitasnya untuk bertahan dalam membangun daerah dan masyarakat perbatasan, terutama yang berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia melalui pembangunan gedung sekolah, pertanian lahan kering, sehingga para pemuda termotivasi untuk mengolah lahan, perumahan rumah tidak layak huni, pelatihan salon, kursus montir, pembukaan lahan, pembangunan sarana dan prasarana dan pembentukan lembaga adat. Selain itu, perlu mengembangkan program tanam jagung panen sapi untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.
Berbagai program yang disebutkan ini, lanjut Bupati Willy, akan didukung dengan sejumlah strategi yakni meningkatkan komitmen, koordinasi dan kerjasama antara instansi terkait dengan perangkat desa dan kelembagaan desa
Diakhir penjelasannya, Bupati Willy menyampaikan terima kasih kepada Camat dan para Kepala Desa yang sudah mendukung pengembangan program diberbagai wilayah di Kabupaten Belu.
Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Belu, Camat Raihat, para Kepala Desa se- Kecamatan Raihat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.
Berita/Foto: Tim Peliputan

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.