USKUP ATAMBUA PIMPIN MISA SYUKUR KONGGREGASI MISI ABDI ROH KUDUS

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (02/07) Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr memimpin Misa Syukur Perayaan Kaul Kekal, Pesta Perak 25 Tahun dan Pesta Emas 50 Tahun Hidup Membiara Suster – suster Konggregasi Misi Abdi Roh Kudus dalam misa yang berlangsung di Kapela SSpS Halilulik, Kecamatan Tasifeto Barat.

Dalam khotbahnya Mgr. Dr Dominikus Saku, Pr mengungkapkan bahwa Tuhan memanggil kita dengan nama oleh karena kita adalah kepunyaanNya yang mendatangkan sebuah pengalaman akan kedalaman arti nama bagi seorang pribadi yang dipanggil dan di pilih Allah secara istimewa.

” Ada dua hal pokok yang hendak disampaikan dalam hubungannya dengan tema ” Aku memanggil engkau dengan namamu, Aku mengenal engkau ”
Yang pertama dalam kesempatan hari ini kita rayakan tahun keluarga lalu disambung dengan tahun kerahiman, Bapa Suci di Roma mengingatkan kita melalui Kardinal Charbers yang meminta untuk merefleksikan martabat diri kita manusia, beliau menyadarkan seluruh gereja supaya sadar tentang dua istilah yang dipakai dalam Kitab Suci yakni ” Gambar dan rupa Allah ” gambar menunjukkan kemuliaan diri kita.

Dan para suster dikenal dengan nama karena mereka dijadikan mulia bukan karena mereka lahir di tempat asalnya melainkan Tuhan mencintai mereka dan menganugerahkan nama sekaligus menyematkan kemuliaan. Tuhan menghendaki maka Dia melengkapi dengan semua kemuliaan yang penuh. Kita diberi kemuliaan, kita dijadikan seperti yang dikatakan St. Agustinus kalau kita hidup menghargai martabat diri kita dan kemuliaan diri kita maka hidup kita hampir seperti Tuhan, oleh karena manusia tidak akan pernah menjadi Tuhan tetapi menyerupai Tuhan.

Yang kedua Kardinal Charpers mengatakan kita adalah rupa dari Allah yang menurut refleksi antara manusia dan Allah adalah rahmat yang datang dari Allah itu sendiri.

Oleh karena itu saya sangat yakin yang dihayati oleh para suster maupun bapak/ ibu sekalian, bahwa hidup kita semata-mata tergantung dari Tuhan oleh karena kita membutuhkan rahmat Tuhan untuk memulihkan kita, menjadikan kita kembali didekatkan kepada Allah.

Bapak / ibu sekalian kita orang Katolik bersyukur karena Tuhan memberikan kita rahmat lewat Tuhan Yesus Kristus yang adalah kebenaran dan hidup, inilah yang menjadi jaminan bagi kita dan para suster bahwa rahmat Allah jauh lebih berlimpah dan sudah berkarya di dalam diri para suster dalam menjalani panggilan hidupnya.

Pada Perayaan Misa Syukur ini, Kaul Kekal Suster Cresensia Lake, SSpS, Pesta Perak 25 Tahun Suster Odilia Muis Nana, SSpS, dan Pesta Emas 50 Tahun Hidup Membiara Suster Yohana Maria Saik, SSpS dan Suster Rosa Da Lima, SSpS dari Konggregasi Suster – suster Misi Abdi Roh Kudus.
Selama perayaan misa dan rangkaian acara syukuran berlangsung seluruh keluarga dan para suster yang hadir tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19.

Berita/Foto : Hengki Mao, Jhon Dasilva dan Andi Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.