BPK PERWAKILAN PROVINSI NTT BERI OPINI WTP ATAS LAPORAN KEUANGAN PEMKAB BELU TA. 2019

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (30/6)Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK baik pada pendahuluan maupun terperinci atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2019, BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2019. Hal ini di sampaikan melalui Video Conference yang di hadiri Bupati Belu, Willybrodus Lay,SH, Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan, Penjabat Sekda Belu – Drs. Marsel Mau Meta, Inspektur Inspektorat Kabupaten Belu – R. Th. Jossetyawan Manek, S.Pt dan perwakilan OPD Kabupaten Belu di Ruang Kerja Bupati Belu.
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur telah melaksanakan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu yang dilaksanakan melalui dua tahapan pemeriksaan, yakni secara interen yang dilaksanakan pada Bulan Februari sampai Maret 2020 melalui metode lapangan dan pemeriksaan terinci yang telah dilaksanakan dari Bulan Mei hingga Juni 2020 melalui metode virtual atau jarak jauh menggunakan informasi teknologi internet.
Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Belu telah berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian yang telah diperolehnya tahun lalu. Namun, tanpa mengurangi capaian Pemerintah Kabupaten Belu tersebut, BPK masih menemukan beberapa permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu masalah pengelolaan aset tetap yang masih sepenuhnya belum tertib terutama masalah administrasi, sehingga untuk lebih sempurnanya hasil pemeriksaan lebih lanjut, diharapkan Pemerintah Kabupaten Belu segera menyelesaikan hal – hal yang mendapat perhatian ini agar permasalahan tersebut tidak menjadi lebih besar dan pada akhirnya nanti mempengaruhi penilaian opini yang akan datang.
Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH usai Vidcon di Ruang Rapat Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya masing – masing telah membantu Pemerintah Kabupaten Belu sehingga Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Belu atas penilaian BPK Perwakilan Provinsi NTT, Kabupaten Belu dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian.
“Ini tahun yang kedua Kabupaten Belu berhasil pertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian. Tahun yang kedua oke dan untuk tahun ketiga pasti oke,” harapnya.
Terkait pengelolaan aset daerah yang belum tertib, Bupati Willy memastikan bahwa tahun depan semua tanah aset Pemerintah yang ada di Kabupaten Belu sudah bisa disertifikat paling sedikit 50 bidang, sehingga diharapkan dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk sama – sama membangun Kabupaten Belu dengan satu persahabatan abadi.
“ Administrasinya akan kita perhatikan, dan ini sudah saya catat. Saya sudah panggil bagian aset untuk tahun depan semua tanah yang ada di Kabupaten Belu saya perintahkan untuk disertifikat,” tandasnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Belu – Jeremias Manek Seran Junior mengatakan, posisi Kabupaten Belu saat ini masuk dalam tiga besar, sehingga pihaknya menargetkan 20 % dari BPKP pasti bisa dengan dukungan dari semua OPD terkait.
Foto/Berita: Okto Mali & Frans Leki

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.