BUPATI BELU SERAHKAN BLT-DD TAHAP I BULAN II DESA JENILU

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (16/06), Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH menyerahkan secara simbolis Pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap I Bulan II kepada Warga Desa Jenilu Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Bertempat di Aula Kantor Desa.
BLT ini diberikan kepada warga kurang mampu yang belum menerima bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Batuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) .
Dalam arahannya Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH menyampaikan apresiasi atas kerja keras, ketelitian dan transparansi yang telah dilakukan Kepala Desa dan Perangkat Desa Jenilu sehingga Pembagian BLT DD tahap I Bulan II bisa disalurkan dan dimanfaatkan oleh Warga Desa Jenilu.
“ Saya bangga dengan Kepala Desa dan perangkatnya yang bekerja secara cepat dan tangkas melakukan pembayaran BLT – DD Tahap I bulan II kepada Warga setempat, hal ini terlaksana tentu atas kerjasama, kerja keras dan dukungan yang baik dari semua pihak,” ujar Bupati Belu dihadapan warga penerima BLT – DD.
Lebih lanjut Bupati menjelaskan apabila Dana Desa tidak cukup untuk mengakomodir seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pemerintah Kabupaten juga sementara menyiapkan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang nantinya disalurkan kepada warga yang belum tercover akibat Covid – 19.
“ Jadi, dana kemanusiaan ini disalurkan bagi seluruh warga yang benar – benar tidak mampu dan berhak menerima bantuan, bilamana Dana Desa tidak cukup lagi mengakomodir semua keluarga terdampakmaka bisa diusulkan untuk masuk dalam Jaringan Pengaman Sosial,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Desa Jenilu – Daniel Robert V. Novak menyebutkan jumlah KK di Desa Jenilu sebanyak 710 KK yang tersebar di 5 Dusun. Dengan rincian warga yang menerima BLT- DD sebanyak 164 KK, penerima PKH 60 KK, Penerima BST 255 KK, dan Penerima BPNT 24 KK sementara KK yang lainnya berprofesi sebagai PNS, TNI/Polri, Pengusaha dan Profesi lainnya yang memiliki penghasilan tetap.
“ Jumlah KK penerima BLT – DD merupakan hasil musyawarah khusus tingkat desa untuk penetapan KK penerima BLT DD dan sudah diverifikasi dengan Dinas Sosial Kab. Belu, sehingga tidak terjadi pendobelan KPM pada program bansos lainnya,” jelas Kades Jenilu.
Kades Jenilu mengharapkan agar warga Desa Jenilu memanfaatkan bantuan sosial ini dengan sebaik – baiknya untuk membantu perekonomian keluarga.
Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa – Januaria Nona Alo, S.IP, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Cristoforus M. Loe Mau, SE, Camat Kakuluk Mesak, Danposal Atapupu, Kapolsek, Perwakilan BRI Atapupu, Babinsa, Babinkamtibmas.
Berita/Foto: Norci Man, Cransen Fontes & Dion Luan

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.