UPAYA PENCEGAHAN COVID-19, TIM GUGUS TUGAS LAKUKAN PENERTIBAN DAN PENATAAN PASAR BARU ATAMBUA

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU—Senin (18/05) Tim Gabungan Sat Pol PP, TNI-Polri, Dinas Perhubungan Kabupaten Belu melakukan operasi penggunaan masker, penataan pasar dan mengalihkan arus lalu lintas kendaraan bertempat di Pasar Tradisional Atambua. Kegiatan yang di lakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belu sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 di lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian seperti pasar.
Kasat Pol. PP Kabupaten Belu Aloysius M. Fahik, S. STP mengungkapkan pihaknya bekerjasama dengan TNI/POLRI dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belu dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid – 19 yang saat ini melanda seluruh dunia.
“ Upaya kita untuk menjaga physical distancing di pasar sebagaimana kita lihat dan kita amati ternyata kerumunan yang paling rawan adalah di pasar, sementara di tempat-tempat lain masih bisa di atasi oleh para pejalan kaki maupun para pedagang kaki lima. Oleh karena itu berbagai upaya kita sudah lakukan diantaranya mengadakan himbauan kepada masyarakat, terkait dengan bahaya penyebaran virus Covid-19 dengan membagikan masker dan saat ini kita upayakan lagi menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga jarak. Saat ini dengan mengoptimalkan jalan raya yang tidak di gunakan secara optimal oleh pemakai jalan, kita tata menjadi rapi agar para pedagang yang ada di pasar untuk memilih tempat jualannya di dalam pasar maupun di luar pasar dan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan,” ungkapnya.
Kegiatan ini kita lakukan dalam satu Minggu kedepan dan kita akan evaluasi apabila physical distancingnya tidak optimal maka kita akan kaji kembali untuk kita stopkan aktivitas ini. Pihak kita akan selalu standby dari pagi jam 06.00 hingga jam 16.00, dan pada pukul 17.00 kita kembali menghimbau kepada para pedagang untuk membereskan barang dagangannya agar dirapikan kembali ke tempat semula sehingga pada jam 18.00 keatas kendaraannya sudah normal kembali.
Tujuannya agar kita juga memberikan akses kepada para pengusaha yang kebetulan tempat usahanya di jalan yang ditempati oleh para pedagang yang ada di dalam pasar. Kita memberikan waktu sampai batasan pada jam 06.00 pagi untuk menertibkan barang-barang dagangannya. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Penertiban dan penataan akan terus dilaksanakan agar pasar ini tetap tertata rapi.
Pada kesempatan yang sama, Kapten Inf. Nyoman Swastike, Pasiter Kodim 1605 /Belu mengungkapkan sebagai bagian dari tim gugus tugas Covid – 19 pihaknya akan selalu bekerja sama dengan POLRI, Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belu dalam menyadarkan masyarakat terkait dengan bahaya penyebaran covid -19.
“ Kami dari TNI maupun POLRI sebagai bagian dari tim gugus tugas covid-19 mempunyai tugas sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 yang didalamnya menyatakan bahwa TNI mempunyai kewajiban melaksanakan perbuatan perpaduan dengan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan penertiban. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Dan kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Belu wajib menggunakan masker apabila bepergian,“ ucap Pasiter Kodim 1605/Belu.
Lanjutnya bersama tim gabungan Covid -19 hari ini kita sudah melaksanakan penertiban terhadap masyarakat yang belum menggunakan masker dan menempatkan personil di tempat – tempat yang dianggap ramai untuk mengingatkan kepada masyarakat tetap menggunakan masker dan menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah. Dilihat dari aktivitas yang ada masyarakat belum 100% mematuhi apa yang dihimbau oleh pemerintah sehingga kita upayakan bersama untuk menyadarkan masyarakat. Ini semua kita lakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid -19.
Kabag OPS Polres Belu – I Nengah Sutawinaya, SH mengungkapkan sebagai salah satu tim yang terlibat dalam gugus tugas covid – 19 pihaknya selalu bekerjasama dengan TNI, Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belu dalam penertiban aktifitas masyarakat selama pandemi Covid – 19 ini.
“ Kami dari tim gugus tugas covid-19 bekerjasama dengan TNI, Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Belu melakukan penertiban kendaraan dan masyarakat yang masuk ke dalam wilayah Pasar Baru Atambua dan menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker, selalu mencuci tangan,” kata Kabag Ops.
Untuk diketahui kegiatan penertiban ini akan terus dilakukan di wilayah Kabupaten Belu hingga Pandemi Covid – 19 ini berakhir.
Berita/Foto: Hengki Mao

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.