PEMDA BELU SERAHKAN LKPD TA 2019 KEPADA BPK PROVINSI NTT

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (29/04), Pemerintah Kabupaten Belu mengikuti Video Conference (Vidcon) secara On-line yang di adakan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam rangka penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) serta Entry Meeting Pemeriksaan oleh Tiga Kabupaten yang ada di Provinsi NTT kepada BPK Perwakilan Provinsi NTT.
Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT – Ir. Adi Sudibyo, MM dalam sambutannya mengatakan dalam suasana pandemi Covid-19 ini pihak BPK tidak melakukan pemeriksaan entry meeting ke lapangan tidak secara langsung bertatap muka, tetapi BPK mempunyai komitmen dengan tanggung jawab yang diberikan melalui UUD 1945 yaitu bisa memberikan tanggung jawab keuangan dalam hal ini pertanggung jawaban Pemerintah Daerah dalam bentuk laporan pemerintah daerah. Dan untuk melaksanakan tanggung jawab ini kami akan tetap menggunakan Teknik Virtual atau melalui jaringan Online dengan bantuan Internet.
Walaupun masih dalam suasana Pandemi Covid-19 namun pelaksanaan tugas kami tetap dilaksanakan dan tetap melakukan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi NTT dalam kegiatan pelaksanaan laporan Pemerintah Daerah. Diantara 3 Kabupaten, 2 Kabupaten telah mendapatkan opini WTP pada tahun lalu dan secara teriotis yang telah memperoleh WTP harus lebih rendah dari pada yang belum memperoleh WTP sehingga metode pelaksanaan pemeriksaan akan berbeda,’’ katanya.
‘’Kami juga akan meminta bantuan kepada seluruh Bupati se-NTT untuk bersama melancarkan pelaksanaan pemeriksaan ini. Dan kami telah meminta kepada tim untuk melakukan pemeriksaan secara efisien dan efektif dalam melakukan pemeriksaan yang secara jelas dan tegas sehingga setiap minggu pihak-pihak yang diperiksa dan akun-akun yang harus diperiksa oleh tim akan disampaikan secara terjadwal kepada bapak/ibu sehingga dapat mempersiapkannya dengan baik”.
Ketua DPRD Kabupaten Belu – Jeremias Manek Junior mengatakan bahwa pihaknya dan Pemerintah Daerah telah melakukan Rapat Paripurna LKPJ Bupati Belu Tahun Anggaran 2019 dengan beberapa rekomendasi dan catatan-catatan strategis yang di sampaikan kepada pemerintah untuk di lebih tingkatkan di masa-masa yang akan datang.
‘’Kami dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belu telah mengadakan rapat Paripurna bersama Pemerintah Daerah dan hari ini telah dilakukan penyerahan LKPD Tahun 2019 kepada pihak BPK dan kami dari lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Belu akan mendukung penuh untuk pengauditan sesuai regulasi. Kami akan siap membantu memberikan informasi terkait dengan hal-hal yang ada di lembaga ini sebagai fungsi kontrol terhadap Pemerintah Daerah sehingga dari hasil audit tersebut kita dapatkan dalam bentuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sehingga dengan LHP itu kita dapat melakukan rapat pada tahapan selanjutnya”.
Dirinya berharap agar kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik demi kemajuan Kabupaten Belu maupun Kabupaten-Kabupaten yang ada di Provinsi NTT.
Sebagai informasi penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 dan pemeriksaan LHP serta Entry Meeting Pemeriksaan ini diikuti oleh tiga Kabupaten yang ada di Provinsi NTT yakni Kabupaten Belu, Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Manggarai Timur.
Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH, dan Wakil Bupati Belu-Drs. J. T. Ose Luan mengikuti vidcon ini dari ruangan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Belu didampingi Ketua DPRD Kabupaten Belu – Jeremias Manek Junior, Plh. Sekda Belu – Drs. Marsel Mau Meta dan Inspektur Inspektorat Kabupaten Belu – R. Th. Jossetiyawan Manek, S.Pt.
Berita/Foto : Mercy Aton dan Hengki Mao

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.