IKUTI PROTOKOL PENCEGAHAN COVID-19, PEMKAB BELU GELAR MUSRENBANG RKPD MELALUI VIDEO CONFERENCE

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis (16/04), Pemerintah Kabupaten Belu melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Belu menyelenggarakan Video Conference (VidCon) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2020 bertempat di Aula BP4D Kabupaten Belu pada Rabu (15/04).

Kegiatan Vidcon Musrenbang RKPD Kabupaten Belu Tahun 2020 ini dilakukan dan di ikuti oleh seluruh peserta dari tempat masing-masing, diantaranya adalah Bupati Belu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang di wakili oleh Sekretaris Bapelitbangda Provinsi NTT, Ketua DPRD Kabupaten Belu, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati, para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Belu, para Camat, Lurah serta para Kepala Desa se-Kabupaten Belu.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Belu Tahun 2020 ini yakni untuk menyepakati sasaran dan prioritas pembangunan daerah dalam Rancangan RKPD Tahun 2021 dan untuk menyepakati program dan kegiatan perangkat daerah dalam Rancangan RKPD Tahun 2021.

Dalam vidcon Musrenbang RKPD, Bupati Belu–Willybrodus Lay, SH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu momentum yang sangat strategis karena pada kesempatan ini program / kegiatan yang diusulkan dari Desa / Kelurahan dan Kecamatan melalui Musrenbang tingkat Desa/Musrenbang tingkat Kelurahan dan Musrenbang tingkat Kecamatan yang mana akan di gali kembali untuk sinkronisasi dengan pokja, renja dinas pada OPD Kabupaten, selain itu juga diharapkan untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan Rancangan Anggaran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat prioritas pembangunan daerah berdasarkan tupoksi OPD termasuk informasi mengenai kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Provinsi, APBD dan sumber dana lainnya. Oleh karena itu musrenbang kali ini dapat juga disebut sebagai musyawarah stakeholder kabupaten untuk mematangkan Rancangan RKPD Kabupaten Belu Tahun 2021.

Sementara itu Kepala BP4D Kabupaten Belu– Ir. Florianus Nahak, M.Si mengatakan dari kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Belu Tahun 2020 ini terdapat 76 usulan diantaranya adalah di Bidang Ekonomi ada 21 usulan, di Bidang Infrastruktur ada 39 usulan, di Bidang Sosial Budaya ada 16 usulan dan semuanya telah di akomodir dalam RKPD Kabupaten Belu Tahun 2021. Pada Bidang Ekonomi terdapat 73 Program dan 326 kegiatan dengan pagu indikatif kurang lebih 64 miliar, pada Bidang Infrastruktur terdapat 42 program dan 147 kegiatan dengan pagu indikatif kurang lebih 168 miliar, pada Bidang Sosial Budaya terdapat 251 program dan 1.213 kegiatan dengan pagu indikatif 442 miliar, sehingga total program dari seluruh RKPD Kabupaten Belu adalah 366 program dan 1.686 kegiatan dengan pagu indikatif kurang lebih 675 miliar.

“ Seluruh program dan kegiatan RKPD ini masih didasari Permendagri 13 yang mana sesungguhnya di tahun 2021 kita wajib menggunakan Permendagri 90, di situ ada terjadi pergeseran bukan hanya pada kegiatan namun pada sub kegiatan, jadi jauh lebih spesifik lagi dari Permendagri 13, oleh karenanya kita akan memilah berdasarkan urusan, untuk Urusan Wajib Pelayanan Dasar ada 8 OPD dengan 75 program dan 276 kegiatan dengan pagu indikatif yang ditetapkan adalah kurang lebih 486 miliar, untuk Urusan Wajib Bukan Pelayanan Dasar ada 13 OPD dengan 84 program dan 397 kegiatan dengan pagu indikatif yang ditetapkan kurang lebih 47 miliar, untuk Urusan Pilihan Sendiri ada 5 OPD yang melaksanakannya dengan 32 program dan 126 kegiatan dengan pagu indikatif kurang lebih 42 miliar, untuk Urusan Pemerintahan Fungsi Penunjang ada 42 OPD dengan 130 program dan 640 kegiatan dengan pagu indikatif kurang lebih 101 miliar sehingga total pelaksanaan daripada kegiatan dalam RKPD Tahun 2020 untuk RKPD Tahun 2021 ada 68 OPD dengan 321 program dan 1.439 kegiatan dengan pagu indikatif kurang lebih 675 miliar,’’ ujar Kepala BP4D.

Berita/Foto: Novita Bogar & Jhon Dasilva

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.