USKUP ATAMBUA: “TUHAN MENGGUNAKAN SEGALA CARA MEMPERBAHARUI HIDUP MANUSIA”

Facebookyoutubeinstagram
DINAS KOMINFO KAB. BELU -Minggu (12/04) Perayaan Misa Pesta Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus dirayakan secara Live Streaming / online dipimpin Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr bersama imam konselebran di Paroki Katedral Sta. Maria Immaculata Atambua, Sabtu (11/04/20).
Uskup Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr mengungkapkan Perayaan Ekaristi Sabtu Alleluya atau Perayaan Paskah adalah perayaan pembaharuan hidup umat manusia.
” Pada malam hari ini Sabtu Alleluya tahun 2020 saya Dominikus Saku, PR, Uskup Atambua merayakan malam Paskah di gereja Katedral, perayaan misa dirayakan secara online atau live streaming dihadiri hanya oleh para petugas liturgi, namun keyakinan kita akan kehadiran Tuhan tetap kokoh dalam setiap situasi dan kesulitan hidup. Kita percaya makna Paskah adalah pembaharuan hidup, Tuhan menggunakan segala cara untuk membaharui hidup kita, Tuhan menggunakan berbagai jalan menjadikan kita untuk berubah, mungkin cara hidup kita yang perlu diubah.
Kita contohkan wabah virus corona / Covid-19 ini mengajarkan kepada kita makna kesehatan, makna kebersihan, makna tentang disiplin, makna tanggung jawab untuk menjaga diri dan hidup kita adalah pemberian dari Tuhan jadi sebenarnya Tuhan mau menggugah diri kita, Tuhan mau menantang kita untuk menghormati kehidupan, justru Dia memberikan tantangan mencabut kehidupan itu sendiri, Tuhan seakan-akan menyentak kita supaya kita sadar hidup itu pantas dihormati, pantas untuk dihargai, pantas untuk diperjuangkan dengan sebaik-baiknya, yang seluhur-luhurnya, yang seagung-agungnya.
Saya teringat akan sebuah tulisan di pinggir jalan menuju Soe ” Hati-hati kawan nyawa sonde ada yang jual ” pesannya sangat sederhana sangat populer tetapi sangat mendasar. Pada Perayaan ini kita mengalami bagaimana kita semua harus tinggal dirumah, supaya kita dipanggil kembali kepada inti kehidupan kita bahwa di rumahlah kita berkembang menjadi manusia-manusia sejati, didalam rumah kita dapat menghayati cinta, mengembangkan tanggung jawab kita, hak-hak kita. Mari kita berjuang untuk menjalani semua ini.
Di Nusa Tenggara Timur ini sudah ada seorang yang terinfeksi dan positif, kalau diurut-urutkan dia sudah pasti berkontak dengan banyak orang, keluarganya, orang -orang disekitarnya, kenalan-kenalan, dan ini mengajarkan kita untuk hati-hati dalam hidup, jangan bercanda karena apa yang disampaikan oleh mereka yang sudah mengalami lebih parah dari kita, mereka katakan jangan bermain-main dengan virus ini oleh karena virus ini merenggut nyawa tanpa ampun. Kita harus selalu membantu bukan untuk menyebarluaskan tapi untuk memotong, memutus mata rantai supaya virus ini tidak berkembang. Virus Corona / Covid-19 ini memberikan kepada kita suatu perubahaan dalam menjalani hidup kita, melalui virus ini Tuhan punya rencana untuk memperbaharui hidup kita.
Akhirnya Selamat merayakan Paskah semoga Tuhan membaharui hidup kita dengan berkat dan rahmat- Nya, ucap Uskup Atambua.
Perayaan misa online Sabtu Alleluya di Paroki Katedral Sta. Maria Immaculata Atambua ini diikuti secara live oleh umat Keuskupan Atambua melalui saluran RRI Atambua, laman Facebook Komsos Keuskupan Atambua, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Belu.
Berita/Foto: Hengki Mao & Andi Luan

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.