WABUP BELU TERIMA MAHASISWA KKN UNDANA KUPANG

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (11/03), Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan menerima secara resmi 178 Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nusa Cendana Kupang Semester Genap Tahun 2020, untuk ditempatkan dibeberapa Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Belu. Kegiatan berlangsung di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu, Selasa (10/3).

Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan usai menerima mahasiswa KKN mengatakan, KKN merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang hingga kini tetap menjadi pilihan yang terbaik untuk mewujudkan sinergitas antara mahasiswa dan masyarakat, terlebih masyarakat perdesaan.

‘’ Kami Pemerintah Kabupaten Belu dengan senang hati dan bangga menerima 178 peserta Mahasiswa KKN Undana Kupang dan Dosen Pembimbing untuk mengabdi di 3 Kecamatan Wilayah Kabupaten Belu,’’ ungkapnya.

Wabup Ose Luan berharap, pelaksanaan KKN ini dapat membawa dampak positif berupa meningkatnya kesadaraan diri mahasiswa terhadap realitas kehidupan masyarakat diperdesaan, meningkatkan tanggungjawab pribadi dan sosial terhadap barbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat termasuk meningkatkan kesadaraan diri terhadap peran sosial terutama bersama-sama dengan Camat dan Kepala Desa untuk bergotong royong membersihkan lingkungan desa sekaligus memberantas Nyamuk Demam Berdarah (DBD),‘’ harapnya.

Wabup Ose Luan juga berpesan kepada Mahasiswa KKN Undana untuk bisa menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan masyarakat di desa serta melaksanakan tugas yang dibebankan oleh kampus dalam program utama yakni Sensus Penduduk Online dan mendata ank-anak stunting serta melibatkan diri dalam pekerjaan – pekerjaan ditingkat Desa dan Kecamatan terlebih pada musim yang extrim seperti ini mereka bisa terlibat dalam kegiatan lingkungan bersih agar bisa mengatasi nyamuk yang menyebabkan demam berdarah.

Sementara itu Koordinator Mahasiswa KKN Wilayah Kabupaten Belu – Dr. Ir. Yohana Suek, M.SI mengungkapkan, ada tiga program utama yang disiapkan Mahasiswa selama melakukan KKN, antara lain membantu masyarakat Kabupaten Belu mensukseskan Sensus Penduduk Online sesuai dengan pembekalan mahasiswa tentang bagaimana melakukan sensus online bagi penduduk, Sensus kesejahteraan untuk mengidentifikasi data tentang stunting dan mereka akan membantu program Camat dan Desa yang ada di Desa maupun di Kecamatan terutama yang berkaitan dengan stunting.

Yohana juga mengatakan bahwa, hampir semua Fakultas yang ada di Universitas Nusa Cendana Kupang (Undana) ikut terlibat dalam KKN ini terkecuali Fakultas Kedokteran. Untuk itu dirinya berharap kepada seluruh mahasiswa KKN Undana bahwa moment ini merupakan kehidupan yang nyata di Desa sehingga perlu belajar dari kehidupan di perdesaan serta membantu masyarakat untuk membangun masyarakat di perdesaan.

“Selain mereka menolong masyarakat mereka juga bisa menolong diri sendiri untuk belajar dari masyarakat. Dan untuk Sensus Kesejahteraan yang akan mereka lakukan di tiap-tiap rumah tangga diharapkan dari sensus ini juga bisa membantu mereka dalam menulis Skripsi,’’ tandasnya.

Sebagai informasi, Mahasiswa KKN Undana Kupang akan memulai masa bakti dan kegiatan lapangan selama dua bulan terhitung dari tanggal 10 Maret hingga 10 Mei 2020 dan tersebar 3 Kecamatan yakni, Kecamatan Tasifeto Timur, Raihat dan Raimanuk serta 20 Desa meliputi, Desa Aitoun, Maumutin, Asumanu, Raifatus, Tohe, Tohe Leten, Fatuba’a, Tialai, Takirin, Halimodok, Sadi,Tulakadi, Umaklaran, Bauho, Sarabau, Dafala, Manleten, Rafae, Mandeu, Teun dan Desa Mandeu Raimanus.

Berita/Foto: Mercy Aton, Bene Luan & Okto Mali

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.