KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN RI CANANGKAN GEMARIKAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU – Senin ( 09/03) Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) adalah program nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan tujuauan untuk mengkampanyekan akan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan sangat penting untuk pertumbukan dan kecerdasan otak. Sehubungan dengan itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik indonesia mengadakan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dengan tema “ Ayo Makan Ikan Agar Sehat, Kuat, Cerdas “ bagi siswa – siswi SD – SMP Santa Angela Atambua, di Kampus Santa Angela Atambua, Kelurahan Manumutin, Kecamatan Atambua Kota, Kabupaten Belu.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi 1V – Yohanis Fransiskus Lema, S.IP., M.Si pada kesempatan itu mengatakan, gemar makan ikan merupakan kerjasama antara DPR RI khususnya Komisi 1V dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan memilih Kabupaten Belu sebagai kabupaten perbatasan dan beranda terdepan Indonesia. Selain itu, Kabupaten Belu juga memiliki garis pantai dengan panjang tertentu, yang artinya memiliki potensi kelautan dan perikanan yang luar biasa. Kementerian Kelautan dan Perikanan RI juga melihat Belu mempunyai potensi yang harus diberdayakan baik dari sektor perikanan tangkap maupun perikanan budidaya sehingga perlu dilakukan sosialisasi gemar makan ikan.

“Ikan mengandung sejumlah manfaat, dengan makan ikan memberikan protein hewani terbaik, bahkan lebih baik dari telur, susu dan juga daging. Selain itu juga membantu pembentukan otak, karena mengandung omega tiga,” tandasnya.

Lebih lanjut, Anggota DPR RI Komisi 1V ini memastikan bahwa, pihaknya akan menindaklanjuti bersama Pemerintah Kabupaten Belu untuk membicarakan apa saja yanag menjadi permasalahan dan kebutuhan Pemerintah Kabupaten Belu terutama terkait dengan Aspek Perikanan dan Kelautan, sehingga alokasi program kerja atau pun bantuan bisa tepat sasaran sesuai dengan peruntukan yang memang diarahkan oleh Pemerintah Kabupaten Belu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH mengucapkan Terima Kasih Kepada Komisi 1V DPR RI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah melaksanakan gemar makan ikan di Kabupaten Belu. Menurut Bupati Willy Lay, sesuai data penduduk, Kabupaten Belu dibanding Nasional dalam mengkonsumsi ikan masih jauh dibawah. Oleh karena itu, gemar ikan ini merupakan bentuk dukungan secara nyata untuk mengkampanyekan makan ikan. Bupati Berharap, generasi Belu ke depan harus Generasi yang terdidik, cerdas melalui gerakan makan ikan.

Kegiatan gemar makan ikan ini dihadiri Direktur Jenderal PDSPKP diwakili oleh Direktur Usaha dan Investasi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI – Catur Suwanto, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belu bersama anggota, Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Belu dan Ketua Yayasan Anata Bakti Cabang Atambua pada Sekolah Santa Angela.

Dalam Gemarikan juga dilakukan penyerahan secara simbolis paket Gemarikan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Komisi 1V, dan Bupati Belu Kepada Guru- Guru Santa Angela Atambua.
kominfo, kominfobelu, gemarikan, atambua, atambuabelu, atambuakotaperbatasan

Foto/Berita: Anna Ukat & Sipri Luma

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.