GUBERNUR NTT BUKA RAKOR KOMINFO TINGKAT PROVINSI NTT DI TAMBOLAKA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (27/2), Gubernur NTT melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan – Drs. Florianus Mekeng, M,Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi Bidang Komunikasi dan Informatika Tahun 2020, bertempat di Aula Hotel Sumba Sejahtera, Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dalam sambutannya Gubernur NTT menegaskan beberapa poin penting diantaranya bahwa pelayanan pemerintah sudah harus semakin berkualitas dengan berbasis digital, karena menurut Gubernur, revolusi industri 4.0, membutuhkan adanya sinergisitas dan peran kolaboratif terkait penerapan teknologi informasi (e-government) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang mana didalamnya telah meletakkan dasar dan peluang bagi pengembangan TIK yang cukup pesat seiring dengan adanya tuntutan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat yang efektif, cepat dan mudah.

Gubernur juga berharap, kehadiran TIK di NTT mampu menjangkau dan menyentuh seluruh aspek kehidupan masyarakat di desa, mampun membuka gerbang isolasi dan jati diri warga masyarakat serta membawa masyarakat membuka diri secara global tanpa melupakan kearifan lokal.

Rakor dengan tema “Membangun Sinergisitas untuk penyediaan Akses Internet dalam mendukung Percepatan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Keterbukaan Informasi Publik untuk mewujudkan NTT Bangkit, Masyarakat Sejahtera” tersebut menghadirkan berbagai narasumber diantaranya dari pihak BAKTI Kominfo RI, Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo RI, Kominfo Provinsi NTT, Kominfo Kota Kupang , Kominfo Sumba Barat dan Tim penyedia Akses jaringan internet Mitratel

Wakil Bupati Sumba Barat Daya – Marten Ch. Taka, S.IP dalam sekapur sirih mengatakan bahwa, Pemerintah Daerah SBD yang menjadi tempat dilaksanakan rakor saat ini, kiranya dapat membangkitkan dan menspirit pemerintah dan masyarakat SBD untuk berbenah disektor TIK menuju program kesejahteraan untuk mewujudkan program strategis dalam “7 jembatan emas” bagi masyarakat SBD.

Pada kegiatan Rakor kali ini, terlihat adanya antusiasme kehadiran pimpinan maupun anggota DPRD dari berbagai kabupaten/kota di wilayah NTT, tentu ini hal yang menarik karena berbeda dengan pelaksanaan rakor-rakor sebelumnya.

Untuk utusan dari DPRD Belu hadir empat anggota komisi A DPRD Belu masing – masing Manuel Do Carmo, Drs. Eduardus Mauboy, Jumadi Manek, SE., MM dan Manek Rofinus, S.I., M.Si.

Rakor ini diikuti para pemangku kepentingan baik dari unsur pemda kabupaten/kota seperti para Asisten dan para Kepala Dinas Kominfo maupun pejabat yang mewakili, sedangkan dari kalangan DPRD hadir beberapa Ketua, Wakil Ketua, Ketua Komisi A maupun anggota Komisi A dari kabupaten/kota.

Rencananya, pelaksanaan rakor ini akan berlangsung sampai tanggal 28 Februari 2020 dengan mengagendakan beberapa kegiatan penting seperti, penyediaan akses internet bagi kepentingan pelayanan publik, pengelolaan media komunikasi publik dalam rangka keterbukaan informasi publik, kebijakan pemerintah provinsi NTT dalam Keterbukaan Informasi Publik berbasis digital, Program pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, penerapan smart city di Kota Kupang dan launching desa digital di desa Malata, Kabupaten Sumba Barat.

Foto/Berita: Tim Peliput

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.