KOMINFO BELU GELAR RAKOR DAN SOSIALISASI PEMBENTUKAN KIM

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (27/2), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Belu melalui Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya melaksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2020 di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu.

Kegiatan yang dihadiri para Camat dan Kepala Desa se – Kabupaten Belu ini bertujuan untuk membentuk sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya.

Dengan terbentuknya Lembaga Layanan Publik atau KIM diharapkan akan terwujud Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat yang sejahtera.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Johanes Andes Prihatin, SE., M.Si saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, kegiatan bersama para Camat dan Kepala Desa ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan pembentukan KIM di desa berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No.08/Per/M. Kominfo/6/2010 tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial dengan tujuan utama adalah pengelolaan informasi di desa.

Menurutnya, peran KIM sangat kuat dalam mempelancar arus informasi antar anggota masyarakat dan antar pemerintah dengan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan Literasi Digital Informasi dan mengatasi kesenjangan informasi di masyarakat.

“Dewasa ini, informasi berkembang begitu cepat sehingga perlu ada lembaga atau struktur jejaring informasi sampai ke tingkat desa yang melaksanakan fungsi seperti diseminasi informasi agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang valid dan benar – benar akurat. Setelah terbentuk, tugas Kominfo adalah melakukan pembinaan agar kelompok ini (KIM) dapat berjalan sesuai dengan apa yang ditentukan,” tandasnya.

Lanjut Kadis, KIM nantinya akan menjadi perpanjangan tangan dan mitra pemerintah dalam diseminasi informasi di masyarakat. Oleh karenanya, para Camat dan Kepala Desa diminta untuk turut mendampingi proses pembentukan kelompok dan pola pengembangan KIM sesuai kebutuhan di masing – masing desa.

Adapun narasumber dalam kegiatan rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan KIM Tingkat Kabupaten Belu tahun 2020 yakni, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu dengan materi Mekanisme Pembentukan serta Pola Pengembangan dan Pemberdayaan KIM.

Foto/Berita : Ichy Klau, Okto Mali & Frans Leki

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.