MUSRENBANG KECAMATAN KOTA ATAMBUA DENGAN 10 PROGRAM PRIORITAS TA. 2021

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (26/02), Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kota Atambua menghasilkan 10 Program Prioritas yang akan dibahas lebih lanjut dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Belu Tahun 2021. Kegiatan Musrenbangcam ini berlangsung di Aula Kantor Camat Kota Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan / Stakeholder ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan terkait, yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa/Kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Gambar mungkin berisi: 8 orang

Camat Kota Atambua – Vinsensius Mau, ST., MT usai musrenbang mengungkapkan bahwa, hasil dari 10 usulan yang dibahas hari ini telah melalui pra musrenbang yang diadakan pada 25 Februari, untuk itu semua usulan yang telah disepakati bersama dengan masyarakat Kecamatan Kota Atambua secara keseluruhan telah diakomodir oleh semua OPD yang hadir.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Lanjut Camat, dari semua usuluan ini baik dari Bidang Perekonomian dan SDA, sampai Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan serta Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia telah diterima dan disepakati bersama dengan OPD/Dinas terkait. Untuk itu terkait cuaca yang ekstrim ini terjadinya penurunan air tanah sehingga dinas teknis yang berkaitan dengan sumur bor ini masih belum mendapat kajian teknis dari dinas terkait sehingga masih disurvey lagi oleh Dinas PUPR Kabupaten Belu terkait usulan sumur bor.

Gambar mungkin berisi: 12 orang, orang duduk

Program Jamkesda yang diusul oleh Kecamatan Kota Atambua 1.000 jiwa akan ditambah menjadi 2.000 jiwa dengan empat kelurahan, masing-masing kelurahan mendapatkan 500 sasaran. Dengan harapan semua usulan yang disampaikan hari ini merupakan 10 usulan yang terbaik dari masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Kota Atambua. Dapat kami sampaikan bahwa Kecamatan Kota Atambua memiliki 40 usulan sehingga masih ada 30 usulan yang belum diakomodir. Oleh karena itu, harapan kami usulan yang kami sampaikan ke dinas teknis untuk ke depannya 30 usulan ini menjadi bahan pertimbangan dalam perencanaan pada dinas teknis masing-masing.

Adapun 10 Usulan Prioritas Kecamatan Kota Atambua Tahun 2021 yakni Peningkatan Kapasitas Kelompok Tenun Ikat, Pelatihan Pangkas Rambut, Salon Kecantikan, Pelatihan Perbengkelan dan Bantuan Alat perbengkelan (Pelatihan tambal ban, pelatihan cuci kendaraan), Pelatihan dan pengadaan Sablon, pengadaan mesin pencetak batako, pelatihan menjahit dan bantuan alat, peningkatan jalan, pembangunan sumur bor, pemeliharaan Drainase dan selokan, pengadaan Jamkesda, Pembangunan RKB, dan Pembangunan Posyandu.

Berita/Foto: Mercy Aton, Bene Luan & Rio BB

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.