MUSRENBANG KECAMATAN TASTIM JARING ASPIRASI DAN KEBUTUHAN MASYARAKAT

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Sabtu (22/02), Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrembang RKPD) Kabupaten Belu Tingkat Kecamatan Tasifeto Timur Tahun 2020 diselenggarakan di Aula Kantor Camat Tasifeto Timur, pada hari Jumat 21 Februari 2020.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk, teks yang menyatakan 'MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH (MUSRENBANG RKPD) KABUPATEN BELU TINGKAT KECAMATAN TASIFETO TIMUR WEDOMU, 20 s.d 21 FEBRUARI 2020'

Musrenbang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang di hadapi di wilayah kecamatan serta membahas dan menyepakati hasil-hasil prioritas yang telah di bahas di tingkat Desa/Kelurahan dalam kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan teks

Camat Tasifeto Timur – Vinsensius I. Moruk, ST usai kegiatan mengungkapkan, proses musrenbangcam ini telah di mulai dari tahapan Desa/Kelurahan untuk di bahas di tingkat kecamatan dan selanjutnya akan di bahas ke tingkat kabupaten. untuk itu, 10 usulan terbaik dari semua masyarakat Kecamatan Tastim ini sangat berkualitas.

Dirinya berharap kepada seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Tastim untuk membenahi seluruh proses perencanaan pembangunan dari tingkat dusun hingga tingkat desa, karena menurutnya, banyak usulan-usulan yang di bawa ke tingkat kecamatan filternya tidak baik oleh sebab itu usulan-usulan yang masuk ke kewenangan desa tidak perlu dibawa ke Pra desa.Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Lanjutnya, ke depan pelaksanaan musrenbang di tingkat Dusun/Desa perlu melibatkan seluruh stakeholder yang ada di tingkat dusun maupun desa, sehingga isu-isu yang selama ini tidak terakomodir bisa diakomodir dengan mengalirkan ke semua komponen yang ada di desa itu.

Dirinya berpesan kepada semua Kades agar ke depan kegiatan seperti musrenbang Dusun/Desa perlu melibatkan semua komponen seperti tenaga kesehatan, pendidikan dan pertanian karena ketiga komponen ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus yang ada di kecamatan Tastim.Gambar mungkin berisi: 12 orang, orang duduk

Lebih lanjut camat juga mengatakan dalam tahun ini, Kecamatan Tastim mendapatkan data dari kesehatan yang mengungkapkan bahwa terdapat 800 anak se-Kecamatan Tastim mengalami stunting, sehingga harapan perlu adanya pola asuh anak yang baik, sehingga tidak terjadi lagi stunting bagi anak yang ada di Kecamatan Tastim,’’harapnya.

Adapun 10 usulan prioritas kecamatan Tastim Yakni Percetakan lahan baru, optimalisasi lahan kering, pengadaan bibit tanaman pangan padi, jagung, kelor, kacang hijau dan porang, pendampingan pelatihan dan pengadaan bahan dan alat tenun ikat dan kelompok menjahit, bantuan rehabilitasi rumah layak huni, pembuatan beronjong dengan tinggi 4 meter, pembangunan jalan lapen, pengadaan jamkesda, pembangunan stadion bola kaki dan pembangunan rumah jabatan kecamatan.

Berita/Foto : Mercy Aton & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.