MUSRENBANGCAM FOKUS ARAHKAN PRIORITAS PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN SDM

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU-Jumat (21/02), Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kecamatan Tasifeto Barat berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Camat Tasifeto Barat, Kab. Belu, Kamis (20/02/2020) pagi.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, teks

Kegiatan dibuka langsung Camat Tasifeto Barat – Vinsentius Y. Bere, S.Pt., MM didampingi Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kab. Belu – Vincentia J.S. Koy, S.Pd., M.Si, serta Anggota DPRD Kabupaten Belu – Mauk Martinus dan Theodorus F. Tefa.

Hadir dalam kesempatan ini juga, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, Muspika Kecamatan Tasbar, Ketua TP PKK Tasbar, Kepala Desa se- Kecamatan Tasifeto Barat, BPD, Tokoh Masyarakat dan undangan terkait lainnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, minuman dan dalam ruangan

Camat Tasifeto Barat – Vinsentius Y. Bere,S.Pt., MM mengatakan Musrenbang Kecamatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, karena dari Musrenbang Kecamatan akan menghasilkan usulan – usulan prioritas yang dirumuskan dalam suatu dokumen perencanaan.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari beberapa kegiatan yang telah dilalui sebelumnya, diawali mulai dari Musrenbang Tingkat Dusun, Desa hingga tahap Musrenbang tingkat Kecamatan yang mengahsilkan dokumen perencaanaan yang bisa mengakomodir seluruh harapan dan keinginan masyarakat,” ujar Camat Tasifeto Barat.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk

Dirinya menyebutkan untuk menghasilkan suatu dokumen perencanaan yang maksimal, tentu bukanlah suatu hal yang mudah, namun ada batasan – batasan dan rambu – rambu yang harus ditaati oleh Pemerintah di dalam menyelesaikan sebuah dokumen perencanaan.

“ Karena itu, saya sangat berterima kasih kepada tim BP4D yang sudah bekerja maksimal hingga berhasil merumuskan delapan prioritas Kecamatan yang akan dibawa ke tingkat Kabupaten,” tandasnya.

Pada Musrenbang Kecamatan kali ini, usulan dari perwakilan desa/kelurahan lebih banyak difokuskan pada peningkatan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia. Jumlah program yang diusulkan untuk tahun 2021 sebanyak 8 usulan program prioritas untuk Kecamatan Tasifeto Barat.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk

“Harapan dari masyarakat di Kecamatan Tasifeto Barat dari usulan prioritas itu diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Belu agar dapat direalisasikan pada tahun 2021. Usulan-usulan tersebut lebih banyak difokuskan kepada pemeliharaan dan infrastruktur, sehingga masyarakat dapat benar-benar merasakan manfaatnya,” tutupnya.

Adapun 8 Program Prioritas yang dihasilkan oleh Kecamatan Tasifeto Barat, yakni peningkatan kualitas rumah pola swadaya, pembangunan sumur air tanah (sumur bor), perkuat tebing/bronjong, pengadaan handtraktor, pembangunan embung kapasitas 10.000 Meter kubik, pembiayaan JAMKESDA, Rehap Pustu di Desa Lookeu dan Desa Tukuneno serta pembangunan pagar sekolah di SDI Kimbana dan SDK Laninis.

Berita /Foto: Norci Man & Jhon Dasilv

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.