MUSRENBANG KECAMATAN KAKULUK MESAK PENTING UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN 2021

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (20/02), Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/Stakeholders ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan terkait, yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa/Kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan yang bersangkutan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Musrenbang kecamatan sangat penting dan strategis dalam rangka mencari masukan guna penyusunan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2021 untuk mencapai tujuan dan sasaran program yang di tetapkan dalam RPJMD Kabupaten Belu. Hal itu disampaikan Camat Kakukuluk Mesak – Amandus Linci, S.Pt, Rabu (19/02) bertempat di Kantor Camat Kakuluk Mesak.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk

“Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan forum masyarakat tertinggi yang di sebut dengan perencanaan partisipatif sesuai dengan UU No. 25 Tahun 2020. Hari ini kita memprioritas 10 program, karena 10 program ini merupakan kebutuhan dasar untuk masyarakat, terutama peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Dikatakannya, bebarapa bidang yang diusulkan pada Musrenbang ini salah satuya adalah pariwisata dan peningkatan nelayan dalam hal ini sarana dan prasarana nelayan agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat diwilayah Kecamatan Kakuluk Mesak.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang duduk

Disampaikan pula bahwa, di Kecamatan Kakuluk Mesak masih ada beberapa wilayah yang terisolir terutama terkait sarana transportasi dan listrik yang hingga saat ini belum ada. Kedua wilayah tersebut, masing – masing Kolbao dan Wehor, sehingga kedua usulan ini diprioritas menjadi kebutuhan utama. Oleh karenanya, usulan prioritas ini bisa diperhatikan oleh OPD terkait dan DPR yang merupakan wewenang penentuan anggaran sehingga dapat memperoleh pendanaan pada 2021 mendatang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu – Cyprianus Temu, S.IP menyampaikan bahwa, 10 usulan prioritas pada Musrenbang Tingkat Kecamatan Kakuluk Mesak ini masih dalam toleransi dan bisa di akomodir mengingat jumlah nilainya yang tidak terlalu besar.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

“Saya mengapresisasi Musrenbang yang berjalan di tingkat Kecamatan Kakuluk Mesak, karena berjalan dengan baik. Semoga proses ini bisa berjalan terus. Kita akan kawal sampai tingkat yang lebih tinggi,” Ujarnya.

Adapun 10 usulan prioritas Kecamatan Kakuluk Mesak meliputi :
1. Pengembangan obyek wisata unggulan lokasi Fatuketi (Marak Au);
2. Pengembangan obyek wisata unggulan lokasi Jenilu (Fatu Kaduak);
3. Pengadaan sarana dan prasarana produksi perikanan tangkap (mesin perahu, Alat tangkap tangkap, alat bantu penangkapan) lokasi Jenilu, Kenebibi
4. Pengadaan perahu lokasi Kenebibi;
5. Pembangunan jalan (perkerasan) lokasi Wesasuit, Kabuna;
6. Pembangunan sumur – sumur air tanah (sumur bor) lokasi 6 Desa;
7. Bantuan rehab rumah lokasi 6 Desa;
8. Pembiayaan JAMKESDA lokasi 6 Desa;
9. Bantuan sanggar seni lokasi 6 desa;
10. Pembangunan sarana dan prasarana olahraga.

Berita/ Foto: Novita B, Hengky M & Marselina H

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.