HASIL MUSRENBANG RKPD SEBAGAI LANDASAN PENYUSUNAN KUA PPAS TAHUN 2021

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis (20/02), Camat Kakuluk Mesak – Amandus Linci, S.Pt didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu – Cyprianus Temu, S.IP membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tahun 2021 tingkat Kecamatan Kakuluk Mesak, di Kantor Camat Kakuluk Mesak, Rabu (19/02).

Gambar mungkin berisi: 1 orang, dalam ruangan

Dalam sambutan Bupati Belu yang dibacakan Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Dinas BP4D Kabupaten Belu – Gela P. Layrade, S.Pt mengatakan, Musrenbang RKPD Kabupaten ditingkat Kecamatan merupakan rangkaian dari Pra penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan diwilayah masing-masing, karena partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan merupakan salah satu wahana pemberdayaan masyarakat untuk berperan dalam proses pengambilan keputusan dengan melibatkan semua stakeholder atau pemangku kepentingan pembangunan di daerah.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk

Lebih lanjut dalam sambutan Bupati, pembangunan pada dasarnya merupakan proses perubahan berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik. Tahapan Musrembang RKPD ini merupakan upaya penjaringan aspirasi masyarakat dengan syarat dan masukan dari instansi atau lembaga terkait maupun kelompok- kelompok organisasi kemasyarakatan untuk melengkapi dan menyempurnakan rancangan rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Belu tahun 2021 yang disampaikan dengan rencana kerja perangkat daerah.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Dikatakannya, bahwa hasil dari Musrenbang RKPD ini akan dijadikan sebagai landasan untuk penyusunan KUA PPAS Rancangan APBD dana penetapan APBD 2021. Oleh karena itu Bupati memandang bahwa masyarakat wajib menjaga konsistensi antara perencanaan dan penganggaran serta mampu mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan demi kepentingan masyarakat. Terkait isu-isu yang tersebar di Kabupaten Belu tentang kemiskinan, stunting, ketersediaan pangan, pariwisata serta ekonomi kerakyatan masih menjadi isu yang sangat penting dalam aspek pembangunan di Kabupaten Belu. Berhubungan dengan hal tersebut, dalam rangka peningkatan kinerja program kegiatan perlu adanya sinergitas antar sektor serta upaya untuk mengintegrasikan perencanaan pembangunan menjadi sebuah program yang bersifat strategis untuk menjawab permasalahan dimaksud.
Maka dari itu, pada acara Musrenbang kecamatan ini, Bupati sangat mengharapkan agar semua stakeholder dapat mengatasi segala permasalahan pembangunan, sekaligus alternatif pemecahan masalah yang wujud konkritnya berupa rumusan perubahan kegiatan sehingga mampu mengoptimalkan potensi yang memiliki daya jual yang kuat untuk menjawab permasalahan dan tantangan di tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2021 tingkat Kecamatan Kakuluk Mesak yakni beberapa pimpinan OPD terkait, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belu beserta anggota Komisi I DPRD Kabupaten Belu, Danramil Kakuluk Mesak, Perwakilan OPD, Kepala Desa, Tokoh masyarakat setempat.

Berita/Foto: Novita B, Hengky M & Marselina H

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.