PEMKAB BELU LAKUKAN PENANDATANGANAN NPHD BERSAMA DANDIM 1605/ BELU, KPU BELU DAN BAWASLU BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa ( 19/02 ), Pemerintah Kabupaten Belu bersama Dandim 1605/Belu, KPU Belu dan Bawaslu Belu melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), terkait permohonan dana hibah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, tahap II Tahun 2020, bertempat di Ruang Kerja Bupati Belu. Penandatanganan ini, disaksikan oleh Plh. Sekda Belu – Drs. Marsel Mau Meta.

Penandatanganan NPHD terkait Permohonan Dana Hibah Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, tahap II Tahun 2020 tersebut berdasarkan Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, maka diadakan Pencairan Dana Hibah Tahun 2020 untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu sesuai Rencana Kebutuhan Biaya (RKB ) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu berjalan. KPU Kabupaten Belu tahun 2019 tahap II sebesar Rp. 17.798.442.000 (Tujuh Belas Miliar Tujuh Ratus Sembilan Puluh Delapan Juta Empat Ratus Empat Puluh Dua Ribu Rupiah).

Pada kesempatan tersebut, Pemda Belu menyerahkan dana hibah kepada Kodim 1605/Belu untuk Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILKADA) Belu Tahun 2020 sebesar Rp. 800.000.000 (Delapan Ratus Juta Rupiah ) dan diberikan kepada Bawaslu Kabupaten Belu sebesar Rp. 7.500.000.000 (Tujuh Miliar Lima Ratus Juta Rupiah).

Dalam sambutannya, Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH mengatakan bahwa, seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan dengan baik apabila di dukung dengan dana yang sesuai dengan perencanaan dan dana yang di usulkan sudah di setujui oleh DPRD serta mendapat keputusan dari Depdagri bersama Gubernur. Bupati berharap, Pilkada Belu berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, sehingga pesta demokrasi berjalan dengan baik dan aman.

Sementara itu, Dandim 1605/Belu – Letkol (Inf) Ari Dwi Nugroho dalam sambutannya mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Belu yang sudah memberikan dana hibah kepada pihaknya untuk pengamanan Pilkada Belu, karena Pilkada Belu merupakan pesta demokrasi.

Dandim berharap, agar Pilkada Belu bisa berjalan dengan lancar dan aman sehingga bisa mencapai tujuan untuk memilih Pemimpin Daerah Belu dan bisa membawa Kabupaten Belu ini menjadi semakin maju karena berada di perbatasan RI – RDTL. Diakhir sambutannya, Dandim mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang ikut berperan aktif dalam menetapkan anggaran sesuai dengan RAB yang sudah di buat, yakni tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan akhir pilkada.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Belu – Mikhael Nahak, S.Sos mengatakan, Penandatanganan NPHD ini merupakan tahapan kedua. Dan sebagai penyelenggara, pihaknya sudah mendapatkan kucuran dana dari Pemda Belu sebesar Dua Ratus Satu Juta lebih untuk tahap pertama. Dana tersebut sudah digunakan untuk tahapan persiapan ditiga bulan pertama. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemda dan semua stakeholder baik TNI, Polri, Bawaslu, dan seluruh perangkat yang sudah mendukung serta masyarakat.

‘’ Hari ini kami sudah bentuk Panitia Ad Hoc, khususnya pembentukan PPS dan tim kami sudah menyebar di 81 Desa / Kelurahan untuk menyampaikan informasi penerimaan PPS dan PPKnya sudah di lakukan seleksi tes tertulis dan wawancara dan menghasikan lima besar yang akan di lantik pada 22 dan 29 Februari 2020. Dan pada tanggl 19 hingga 23 Februari, kami akan terima pasangan calon perseorangan untuk penyerahan syarat dukungan. Secara kelembagaan kami siap untuk menyukseskan pesta demokrasi Kabupaten Belu,’’ tandasnya.

Pada tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Belu – Andreas Parera, S.Fil mengatakan, penandatanganan ini bukan yang pertama, tetapi merupakan kelanjutan dari proses yang terjadi pada tanggal 2 Oktober 2019 yang lalu dan tidak ada hal substansial baru dari penandatanganan ini.

‘’ Besok kita akan masuk pada tahapan penyerahan dukungan dan pemutakhiran data pemilih serta Verifikasi Faktual. Pada Bulan Maret dan April sudah mulai kelihatan calan perorangan yang pasti. Dan Bawaslu siap mengawasi proses ini sesuai ketentuan yang berlaku.’’

Berita/Foto: Auxiladora, Andi Luan & Eli Mali

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.